Mengenal Singa si raja hutan

Saturday 5 January 20130 comments

Mengenal Singa si raja hutan
Singa memiliki nama latin Panthera leo.  Merupakan jenis kucing besar yang hidup secara berkelompok. Dalam satu kelompok biasanya terdapat satu sekor singa jantan dan beberapa ekor singa betina. Hewan ini adalah binatang karnivora (pemakan daging).
Singa jantan dewasa memiliki berat badan sekitar 150 hingga 250 kg. Sedangkan singa betina beratnya hanya sekitar 120 hingga 185 kg. Rata-rata singa yanghidup di alam bebas hidup hingga umur 10 sampai 15 tahun. Namun yang berada di penangkaran bisa mencapai usia 20 tahun atau lebih.
Ciri-ciri singa jantan yang paling mencolok adalah bulu di lehernya tumbuh lebat dan membentuk surai. Sedangkan singa betina tidak demikian. Fungsi dari surai tersebut adalah untuk melindunginya dalam perkelahian antar singa, karena seperti yang kita tahu, daerah yang menjadi incaran singa saat bertarung adalah bagian leher.
Singa jantan dipercaya memiliki kekuatan yang lebih besar daripada singa betina, mereka mampu berlari hingga kecepatan 58 km/jam. Namun dalam keluarga singa justru singa betina lah yang aktif berburu. Sedangakn singa jantan hanya menunggu dan meminta jatah hasil buruan si singa betina.
Meskipun singa termasuk dalam keluarga kucing, tetapi pada kenyataannya singa tidaklah bisa memanjat pohon sebagaimana kebanyakan kucing lainnya, baik kucing besar lainnya ataupun kucing kecil dan medium. Selain itu, Singa juga termasuk binatang yang tidak suka dengan air, tidak seperti Harimau.
Sekitar 40% anak singa yang dilahirkan mati sebelum umur 1 tahun, dan hanya 20% yang dapat mencapai umur 2tahun  Hal ini biasanya terjadi lantaran si anak singa dibunuh oleh singa jantan dari kelompok lain saat perebutan wilayah, atau karena tidak diurus oleh induknya karena jumlah makanan yang sedikit.
Singa paling terkenal sekaligus paling jinak di dunia bernama Bongo. Singa tersebut pernah bermain dalam film "George". Namun sekarang dia sudah mati akibat terkena sakit apru-paru. Sedangkan singa paling jinak di dunia yang kedua adalah Zamba, singa milik Ralph Helfer.
Referensi : wikipedia
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Fauna Gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger