Mengenal Honey badger, hewan paling pemberani di dunia

Wednesday 23 January 20130 comments

Foto Honey Badger
Honey badger (luwak madu) atau dikenal juga dengan nama Ratel merupakan salah satu spesies mustelid yang hidup di wilayah Afrika, Asia Barat daya dan India. Sebenarnya saya sendiri kurang paham perbedaan antara spesies luwak dengan musang. Namun menurut informasi yang saya dapat dari Wikipedia, Honey Badger bukanlah termasuk jenis luwak, melainkan lebih dekat kekerabatannya dengan keluarga musang.
Luwak madu dikategorikan dalam hewan yang populasinya sedikit (Least Concern) oleh IUCN. Meskipun demikian, hewan ini bukanlah hewan yang lemah, melainkan seekor karnivora yang ganas. Bahkan luwak madu dikenal sebagai hewan paling berani di dunia. Dalam mencari makan, hewan ini sama sekali tidak memiliki rasa takut, bahkan sepertinya tidak ada satupun makhluk di bumi ini yang dia takuti. Makanya Guinness Book of Records mencatat hewan ini sebagai “world’s most fearless animal” atau “hewan yang paling tidak mengenal rasa takut di dunia“.
Honey badger merupakan satu-satunya yang tersisa dari genus Mellivora. Meskipun hewan ganas ini dimasukkan pada kelompok luwak pada 1860-an, sebenarnya hewan ini lebih memiliki kemiripan dengan subfamily Melinae yang sangat dekat hubungannya dengan keluarga Marten.
Perbedaan antara Mellivora dan Melinae terletak pada susunan giginya. Meskipun tidak ada hubungannya dengan serigala, yang merupakan salah satu keluarga Marten, honey badger masih dapat diklasifikasikan dalam keluarga musang (polecat) yang masih termasuk keluarga Marten juga. Hewan ini juga masih sangat dekat hubungannya dengan genus Eomellivora yang saat ini sudah punah.
Meskipun kebanyakan hewan ini lebih suka hidup secara soliter (sendiri), tetapi pada musim kawin, sekitar Mei, hewan ini dapat berburu secara berpasangan. Belum banyak diketahui tentang kehidupan hewan ini. Namun diperkirakan masa kehamilan hewan ini sekitar 6 bulan dan biasanya melahirkan 2 ekor anakan yang terlahir buta. Belum juga diketahui dengan pasti, tetapi diperkirakan Honey Badger dapat hidup hingga usia 24 tahun.
Luwak madu hidup menyendiri di dalam lubang. Dia dikenal sebagai penggali yang ulung. Bahakn pada tanah yang keraspun dia dapat menggali cukup dalam hanya dalam waktu 10 menit. Meskipun demikian, hewan ini lebih sering mengambil alih sarang babi hutan atau gundukan rayap.
Sengatan lebah, duri landak, dan gigitan hewan jarang bisa menembus kulitnya.  Itulah sebabnya hampir tidak ada predator yang memangsa hewan ini. Bahkan singa dan Cobra pun dapat dipukul mundur jika berkonfrontasi dengannya. 
Hewan ini ternyata tidak hanya ganas dan agresif, tetapi juga cerdas. Diketahui bahwa luwak madu merupakan salah satu dari beberapa binatang yang mampu menggunakan alat dalam bertahan hidup. Dengan begini lengkap sudah pertahanan yang dimiliki hewan ini.
Makanan favorit Honey Badger adalah madu, mereka akan menerobos dan mengacak-acak sarang lebah dengan semena-mena. Mereka akan berburu sepanjang hari, tetapi jika berada pada habitat yang banyak populasi manusianya, mereka akan menjadi hewan nokturnal yang berburu di malam hari. Meskipun pada dasarnya hewan in adalah karnivora, selain makan serangga, dan hewan lain, luwak madu juga didapati makan buah dan sayur seperti jenis akar dan umbi-umbian.

Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Fauna Gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger