7 Hewan Yang Paling Ditakuti Ular

Sunday 26 May 20130 comments

Seperti yang kita tahu, ular merupakan binatang berbisa yang dapat membunuh binatang ataupun manusia dengan bisanya. Namun berdasarkan teori rantai makanan, setiap hewan akan memiliki predator ataupun musuh yang dapat mengalahkan mereka, begitu pun dengan ular. Nah berikut ini adalah 7 binatang yang paling ditakuti oleh ular :

1. Honey Badger
Foto Honey Badger
Tidak mengherankan memang jika binatang yang satu ini begitu ditakuti oleh ular. Karena memang biantang ini adalah binatang paling pemberani di dunia. Bisa dibilang tidak ada satu binatang pun di dunia ini yang ditakuti oleh Honey Badger. Termasuk di dalamnya ular berbisa, yang justru merupakan salah satu makanan favoritnya. 
Binatang ini memiliki tubuh yang kebal terhadap racun ular. Jika terkena gigitan ular beracun ganas semacam kobra, honey badger hanya akan pingsan sejenak. Dan begitu tersadar, binatang yang juga mendapatkan sebutan 'pemburu ular' ini akan langsung memangsa si ular yang sudah berhasil dilumpuhkannya tersebut.

2. Armadilo
Foto Armadillo
Mamalia asli Amerika yang hidup di berbagai lingkungan ini panjangnya hanya sekitar 75 cm. Namun mereka memiliki kulit tubuh yang bisa disebut sebagai 'perisai tubuh' yang tidak hanya berfungsi untuk senjata perlindungan, tetapi juga berfungsi untuk membunuh ular. 
Armadilo akan menabrakkan dirinya ke tubuh ular, sehingga ular tersebut akan terpotong oleh cangkang armadilo yang sangat keras dan tajam.

3. Burung Sekretaris
burung sekretaris
Burung yang menjadi lambang negara Afrika Selatan ini dikenal sebagai salah satu burung pembunuh ular. Mereka akan membunuh ular dengan menendangnya dengan sangat kuat menggunakan kakinya yang jenjang dan kuat. Mereka juga terkadang membawa terbang si ular dan melemparkannya ke batu.

4. Ular King Kobra
king kobra
Meskipun sama-sama berbangsa ular, tetapi ular yang satu ini adalah momok bagi jenis ular lainnya. Ular King Kobra adalah salah satu ular yang memangsa jenis ular lain. Ular favoritnya adalah ular derik.

5. Elang Raptor
elang raptor
Jika kebanyakan burung elang gemar memangsa mamalia kecil, ular justru adalah mangsa favorit elang jenis ini..

6. Landak
Foto Landak
Meskipun terlihat lucu dan menggemaskan, ternyata landak adalah salah satu pembunuh ular. Mereka akan melukai ular dengan mengandalkan duri-duri tajamnya. Setelah ular terluka parah, landak akan menggigit bagian belakang ular hingga mati. Selain itu, tubuh landak ternyata juga dapat mentolerir dosis racun arsenik yang dapat membunuh manusia. Meskipun demikian, terkadang landak juga bisa mati jika digigit oleh ular pada bagian tertentu. Dan bagian terlemah dari seekor landak adalah bagian moncongnya.

7. Mongoose
foto mongose
Hewan jenis musang ini mampu membunuh seekor kobra sepanjang 3 meter dengan gigitannya. Mereka menggunakan tatapan matanya untuk membuat ular tidak bergerak. Saat itulah mereka akan dengan secepat kilat menggigit bagian belakang si ular dengan giginya yang tajam dan kuat.
Sebenarnya, tubuh mongoose ini tidaklah sepenuhnya kebal terhadap bisa ular. Jika tergigit ular berbisa, butuh waktu hingga beberapa jam untuk kembali pulih dalam kondisi semula.

Sumber : on the spot Trans7
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Fauna Gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger