Puma, Kucing Besar yang Lebih Mirip Kucing Domestik

Thursday, 9 May 20130 comments

Foto Puma atau Panther
Puma atau Singa gunung atau Panther atau cougar memiliki nama latin Puma concolor. Mereka adalah spesies kucing besar dari keluarga Felidae. Binatang ini merupakan spesies kucing terbesar kedua di Benua Amerika setelah Jaguar. Meski disebut Singa Gunung, sebenarnya secara genetik Puma lebih dekat dengan kucing domestik daripada spesies Singa.

Daerah penyebaran Puma meliputi Yukon Kanada hingga Andes Selatan, Amerika Selatan. Mereka adalah binatang yang mudah beradaptasi, sehingga mereka dapat ditemukan di banyak tipe habitat di Benua Amerika. Namun mereka lebih menyukai habitat yang banyak ditumbuhi semak padat dan juga area berbatu. Meski mereka juga dapat hidup di area terbuka.

Puma merupakan binatang yang soliter, dan lebih aktif di malam hari (nokturnal). Mereka adalah predator yang cerdas. Mangsa mereka pun sangat beragam. Mangsa utama mereka antara lain rusa, kambing, dan bahkan ternak warga seperti kuda dan domba. Terutama bagi Puma yang hidup di wilayah Utara. Puma juga memangsa binatang-binatang kecil seperti binatang-binatang pengerat, dan serangga.

Puma merupakan binatang teritorial, dan bertahan hidup di daerah yang tingkat populasinya rendah. Luas daerah kekuasaan mereka berbeda-beda tergantung kepadatan populasi, medan, dan banyaknya mangsa. Namun, meski penyebarannya luas, Puma tidak selalu menjadi puncak dari rantai makanan. Mereka masih kalah dengan Jaguar, Srigala abu-abu, Beruang Hitam Amerika, dan Beruang Grizzy.

Sebenarnya Puma lebih suka menghindari kontak dengan manusia. Serangan Puma terhadap manusia bisa dibilang sangatlah langka. Namun akhir-akhir ini sering terdengar berita penyerangan Puma terhadap manusia, yang sebenarnya lebih disebabkan karena si manusia telah masuk ke daerah mereka.

Perburuan besar-besaran pada masa kolonisasi Eropa di benua Amerika dan pembangunan yang terus menerus dilakukan oleh manusia telah mempersempit habitat mereka dan menyebabkan populasi mereka kian berkurang.

Pada kenyataannya, sejak awal abad ke-20, Puma sudah punah di Amerika Utara bagian Timur, kecuali di beberapa bagian terisolir di Florida. Namun dalam beberapa dekade terakhir, populasi mereka mulai berpindah dari Timur ke bagian Barat meliputi Dakotas, Nebraska, dan Oklahoma.

Beberapa Puma jantan sempat terlihat di Minnesota, Wisconsin, Iowa, Semenanjung atas Michigan, dan Illinois. Dimana seekor Puma telah ditembak di dekat kota Chicago, dan setidaknya ada satu yang sudah terlihat muncul di Connecticut.
Referensi : Wikipedia
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Fauna Gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger