Mengenal Bison, Binatang Pemakan Rumput Terberat di Amerika Utara

Friday, 10 May 20131comments

foto bison
Bison merupakan binatang simbolik dari Great Plains yang sering kali salah disebut kerbau. Bison adalah binatang yang perkasa dan yang terberat di Amerika Utara. Saat berdiri, tinggi bison sekitar 1,5 hingga 2 meter diukur dari pundak ke bawah dan berat badan bison bisa mencapai lebih dari satu ton..

Tanduk bison bisa tumbuh mencapai panjang 61 cm. Dan meskipun ukuran tubuhnya sangat besar, mereka termasuk binatang yang dapat berlari cepat. Ada kalanya mereka dapat bergerak dengan kecepatan 65 km/jam.

Bison merupakan binatang herbivora. Makanan utama mereka antara lain rumput, semak, dan ranting. Walaupun mereka adalah binatang pemakan tumbuhan, tetapi mereka merupakan salah satu binatang pemakan rumput yang patut untuk diwaspadai.

Bison betina (cow) dan bison jantan (bull) biasanya tinggal di kelompok-kelompok kecil yang terpisah, dan akan datang bersama-sama dalam sebuah kawanan yang sangat besar pada saat musim kawin. Bison jantan akan bertarung untuk memperebutkan betina. Namun pertarungan tersebut sangat jarang sampai saling melukai.

Masa hamil bison betina adalah 9 bulan. Dan dalam satu kali persalinan akan dilahirkan satu ekor anak bison.

Pada jaman dulu, populasi Bison di Great Plains dan Amerika Utara sangatlah melimpah. Namun selama abad ke-19, sekitar 50 juta ekor bison dibunuh untuk dimakan dagingnya, atau hanya untuk sekedar olahraga. Hingga akhirnya jumlah bison hanya tinggal ratusan ekor. Namun saat ini jumlah bison sepertinya terus membaik. Ada sekitar 200.000 ekor bison yang hidup dan diternak untuk diambil dagingnya.
Referensi : national geographic
Share this article :

+ comments + 1 comments

6 February 2014 at 17:06

Ijin Save Ya

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Fauna Gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger