Mengenal lebih dekat tentang kuda Zebra

Tuesday 30 April 20132comments

Foto kuda zebra di kebun binatang gembiraloka
Kuda Zebra atau lebih akrab disebut dengan zebra merupakan seekor binatang mamalia pemakan rumput (herbivora) yang masih kerabat dekat kuda. Ciri-ciri kuda zebra yang paling khas adalah coraknya yang belang-belang hitam-putih.

Habitat kuda Zebra tersebar dari Afrika Barat, Afrika Selatan, dan Afrika Timur. Habitat kuda Zebra adalah padang rumput. Mereka adalah binatang herbivora yang lebih aktif di siang hari. Makanan utama mereka adalah rumput. Namun terkadang mereka juga bisa memakan ranting, dedaunan, dan bahkan kulit kayu.

Fungsi belang pada tubuh zebra adalah sebagai pertahanan diri. Dengan pola belang tersebut tubuh zebra akan tersamarkan dengan lingkungan alam sekitarnya, sehingga predator akan susah mengenalinya. Zebra memiliki "warna disruptif", sehingga ketika bergerak, pola warna tubuhnya tersebut akan semakin membingungkan. Ya, mungkin bisa dibilang mirip dengan efek papan hipnotis.
gambar zebra di kebun binatang gembiraloka
Meskipun antara satu zebra dengan zebra yang lain terlihat sama, sebenarnya setiap zebra memiliki corak belang yang berbeda-beda. Para peneliti berasumsi bahwa corak dan variasi zebra ini terjadi akibat proses evolusi.

Ada beberapa jenis zebra yang sudah diketahui antara lain Zebra Burchell yang hidup di daerah Afrika Timur, zebra Grevy yang hidup di wilayah utara Kenya, dan zebra Equus yang hidup di daerah Afrika bagian selatan..

Kuda Zebra hidup secara berkelompok. Mereka saling berkomunikasi menggunakan ekspresi wajah dan juga suara. Hidup secara berkelompok ini juga merupakan salah satu cara pertahanan diri Zebra dari serangan predator. Yang unik dari kelompok zebra ini adalah, para zebra hanya akan tidur ketika merasa aman berada di dalam kelompok mereka. Dan mereka pun bisa tidur dalam posisi berdiri.

gambar kuda zebra
Kemampuan pertahanan diri zebra yang lain yang dimiliki zebra adalah penglihatan serta pendengaran mereka yang sangat baik. Ditambah lagi kecepatan berlari mereka yang bisa mencapai 56 km/jam. Selain itu, mereka juga mempunyai tendangan yang sangat kuat dan menyakitkan.

Predator-predator zebra antara lain adalah ceetah, singa, dan hyena. Dan mungkin juga buaya saat mereka minum di pinggiran sungai.

Zebra jantan baru akan siap kawin ketika berumur 5 tahun, sedangkan zebra betina umur 3 tahun. Setiap 12 bulan sekali, zebra betina dapat melahirkan 1 ekor anakan zebra. Uniknya, anak zebra yang baru lahir, sudah bisa berjalan kurang dari 1 jam setelah dilahirkan.

Saat dilahirkan, anak zebra tidak langsung bercorak belang putih-hitam seperti zebra dewasa. Mereka akan memiliki kulit berwarna cokelat putih terlebih dahulu, baru kemudian berubah menjadi putih-hitam seiring beranjak dewasa. Anakan Zebra ini akan diasuh oleh induknya sampai berumur 1 tahun.
foto kuda zebra sedang makan rumput

Referensi : wikipedia
Share this article :

+ comments + 2 comments

14 January 2018 at 04:31


TOGEL ONLINE PALING BONAFIT DI INDONESIA? TIDAK PERLU PUSING LAGI KINI HADI BUAT ANDA
POIN4D
SILAHKAN DAFTAR LANGSUNG DI :https://goo.gl/CcEzuo


KELEBIHAN :

BONUS REFERRAL 2 %
LUCKY SPIN
BAYARAN HINGGA 1 MILIAR LEBIH !!!
DEPOSIT & WITHDRAW DI MULAI DARI IDR 20.000
MAINKAN DI GADGET KESAYANGAN ANDA
6 PASARAN TERBAIK : SYDNEY - RAJAAMPAT - SINGAPORE - BALI - IBIZA - HONGKONG

DISKON BETTING :
* 2D-29%
* 3D-59%
* 4D-66%

SUPOERT BANK : BCA BNI BRI MANDIRI

INFO LEBIH LANJUT HUBUNGI SANA DOMINO DI :

* LIVE CHAT 24 JAM ONLINE
* BBM : 7B83E334
* LINE : +85598291698
* WHATAPP : +85598291698
* SKYPE : Poin.4D
* YAHOO : Poin_4D

14 January 2018 at 04:33

MAU MAIN POKER DAN DOMINO ONLINE UANG ASLI???
INI SAYA TAWARKAN KE BO WEBSITE ONLINE BERKUALITAS NO 1 DI INDONESIA

KELEBIHAN 100% REAL MEMBER
MINIMAL DEPOSIT DANA WITHDRAW HANYA IDR 20.000
CASH BACK MINGGUAN HINGGA 0.5%
DI SUPPORT 4 BANK BESAR : BCA BNI BRI MANDIRI

7 GAMES YANG DI PALING POPULER

JACKPOT TERBESAR

SEGERA DAFTAR DI : https://goo.gl/Umw9s9

TERIMA KASIH CEPAT DAFTAR DAN SALAM HOKI GAN..

INFO LEBIH LANJUT HUBUNGI SANA DOMINO DI :

* LIVE CHAT 24 JAM ONLINE -
* BBM : D86E8C7A
* LINE : +855968273897



Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Fauna Gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger