Rusa Spesies Langka Lahir Di Kebun Binatang New York

Wednesday 10 July 20130 comments

Rusa Spesies Langka Southern Pudu


Seekor bayi rusa seberat 1 pound lahir di kebun binatang Queens, New York City bulan lalu. Pihak otoritas lingkungan Amerika Serikat menyatakan bahwa anak rusa yang lahir tersebut adalah spesies rusa terkecil di dunia. Anak rusa dari spesies Southern Pudu tersebut merupakan binatang endemik di Cile dan Argentina yang terancam punah. Ilmuwan dari Wildlife Conservation Society yang mengelola kebun binatang itu kini tengah berusaha melestarikan rusa spesies tersebut.

Southern Pudu sendiri merupakan jenis spesies rusa terkecil di dunia yang ukuran tubuhnya hanya berkisar antara berkisar antara 60-80 cm dan tingginya 25-43 cm. berat binatang ini pun hanya berkisar antara 9-15 kg. Seekor Pudu jantan memiliki tanduk berduri sepanjang 7-10 cm.

Binatang ini termasuk herbivore yang gemar memakan daun, kayu, batang pohon dan buah. Karena ukurannya yang kecil, mereka seringkali harus berdiri di atas hindlegs atau pohon-pohon tumbang, untuk mencapai dedaunan. Mereka akan mengelupas kulit kayu dari pohon muda dengan gigi dan tanduk mereka. Mereka menjadi aktif saat siang hari, dengan aktivitas yang paling aktif di pagi hari, siang dan sore hari. Southern Pudu dapat pergi untuk waktu yang lama tanpa minum, sebagian besar mendapatkan air dari tanaman sukulen.

Rusa spesies ini dapat menyalak jika merasa mendapat ancaman. Selain itu, seperti halnya rusa pada umumnya mereka juga dapat berlari dengan cepat dan melompat, bahkan rusa Southern Pudu ini juga dapat memanjat.

Southern Pudu memiliki  kelenjar pra-orbital yang berfungsi sangat besar. Kelenjar tersebut digunakan untuk komunikasi. Tumpukan besar dari kotoran dapat ditemukan di dekat jalan yang sering mereka lewati dan tempat beristirahatnya. Ini juga dapat digunakan untuk menandai wilayah. Di alam liar mereka akan hidup antara delapan dan sepuluh tahun.

Pudu diklasifikasikan sebagai spesies yang rentan. Populasi mereka pun telah menurun karena habitat hutan primer mereka dihancurkan dan dibersihkan untuk peternakan dan perkembangan manusia lainnya. Saat ini Bristol Zoo Gardens menjadi bagian dari program penangkaran internasional penangkaran untuk spesies mereka.


referensi: animaldiversity dan nydailynews
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Fauna Gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger