7 Hewan Yang Jago Joget

Thursday 11 July 20130 comments

Kakatua Joget


Ternyata bukan cuma seorang penyanyi dangdut seperti Dewi Perssik atau Anissa Bahar yang bisa joget lho... Dari kalangan satwa pun, ternyata ada beberapa hewan yang tidak kalah jago dalam bergoyang dalam kehidupan sehari-hari. Berikut 7 hewan yang bisa berjoget versi faunague:

 1.    Lebah Madu
Seekor lebah madu menggunakan tarian sebagai cara mereka berkomunikasi dengan kawanannya. Pada awalnya Aristoteles menyatakan bahwa seekor lebah madu dapat melakukan tarian kibas. Hal ini kemudian diteliti lebih lanjut oleh ahli zoologi bernama Karl von Frisch pada 1960. 
Menurut Frisch, tarian aneh yang dilakukan oleh lebah madu adalah cara mereka untuk memberitahu lokasi makanan kepada kawanan lebah lainnya. Lebah madu melakukan gerakan tarian yang berbeda berdasarkan jauh atau dekatnya lokasi keberadaan makanan.
Penasaran dengan tarian yang digunakan sebagai sarana komunikasi lebah, klik link ini.

2.    Kakatua Putih
Pada 2009 silam, seekor kakatua putih bernama Snowball diketahui dapat berjoget ketika mendengar lantunan lagu milik Backstreet Boys, Queen dan Michael Jackson. Burung ini dapat menggoyangkan kepalanya dan mengangkat kakinya mengikuti irama lagu yang didengarkannya.
Seorang ilmuwan neurobiologi (ilmu saraf) dari Institute of San Diego, Amerika Serikat kemudian meneliti apakah kakatua memiliki ritme alami atau hanya dapat dilatih untuk merespon irama musik. Hasilnya, kakatua dapat mengikuti irama musik dan ia akan menyesuaikan gerakannya dengan tempo lagu yang didengarkan.
Penasaran dengan aksi Snowball berjoget mengikuti irama musik, klik link ini.

3.    Laba-laba merak
Laba-laba merak tergolong dalam kelompok arakhnida endemik Australia.  Tubuhnya sangat kecil dan berwarna-warni di bagian perutnya seperti merak. Hewan yang pandai membuat jaring ini akan melakukan tarian lucu sebagai bagian dari ritual pada musim kawinnya.

Biasanya seekor laba-laba jantan akan menari untuk menarik perhatian laba-laba betina. Kemudian dengan tariannya, si betina akan menentukan apakah pejantan tersebut cukup sehat dan ideal untuk dijadikan sebagai pasangannya. Waahhh,, udah kaya film Bollywood aja yah??
Penasaran dengan bagaimana tarian mereka, klik link ini.

4.    Kumbang Kotoran
Kumbang kotoran (scarabs) atau kumbang tinja dikenal suka menggelindingkan bola-bola dari kotoran yang berbobot 50 kali lebih berat ketimbang tubuhnya sendiri. Meskipun memiliki otak yang tidak lebih besar dari sebutir beras, tetapi mereka memiliki cara yang brilian untuk membawa dan mengangkut makannya.

Kumbang kotoran akan menggunakan tarian khas untuk melindungi bola kotorannya agar tidak dicuri dari sesamanya. Mereka akan berdiri di atas bola kotorannya dan menari-nari berputar hingga 360 derajat untuk mendapatkan bantalan kaki yang pas. Selanjutnya dengan menggunakan kaki belakangnya, mereka mendorong bola itu.

Ingin mengetahui seperti apa tarian 360 derajat kumbang kotoran, klik link ini.

5.    Alga air tawar
Alga air tawar merupakan organisme bersel tunggal. Para peneliti dari Cambridge University, AS, menemukan bahwa alga air tawar ini menggunakan dua jenis tarian untuk bereproduksi.
Koloni ganggang akan saling terhubung dengan flagella mereka kemudian dengan menggunakan flagellanya. Gerakan tariannya terlihat elastis dan mereka dapat berputar berputar di sekitar satu sama lain seperti gerakan tarian waltz.

6.    Burung Manakin

Burung kecil berwarna-warni asli Kolombia dan Equador, AS, ini memiliki tarian kawin yang paling unik diantara spesies lainnya. Tarian ini pertama kali ditemukan oeh seorang peneliti bernama profesor Kim Bostwick.

Mereka akan membuat suara dengan mengepakkan sayapnya yang ditujukan untuk calon pasangannya. Sayap akan bergerak begitu cepat, sehingga akan menimbulkan suara untuk menarik perhatian. Uniknya, mereka akan melakukan tarian moonwalk seperti Michael Jackson setelah terbang dalam waktu singkat.
Penasaran dengan aksi tarian moonwalk-nya, klik link video ini.


7. Anjing Laut

Seekor singa laut bernama Ronan ini merupakan penari yang sangat kompeten menunjukkan bahwa hewan tersebut memberikan respon terhadap suara musik. Menurut pelatihnya, singa laut betina ini merupakan mamalia pertama yang secara independen dapat menari dan menjaga sebuah ketukan musik. Meskipun singa laut tidak memiliki bakat paling vokal seperti yang bisa dilakukan burung beo, namun Ronan berhasil dilatih untuk dapat menggerakan kepalanya sepanjang irama.

Penasaran dengan aksi Ronan, klik link ini.


referensi: okezone



Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Fauna Gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger