Informasi Tentang Kanguru

Monday, 13 May 20130 comments

Foto Kangguru
Kanguru atau Kangguru merupakan hewan mamalia berkantung (marsupial) asli Benua Australia. Ciri khasnya adalah kaki belangnya panjang, kaki depannya pendek, bergerak dengan melompat-lompat, dan memiliki kantung.

Asal-usul nama kanguru sendiri cukup unik. Adalah sebuah kesalahpahaman orang Eropa dalam mengartikan kata-kata orang Aborigin yang membuat binatang berkantung ini disebut kanguru. Pada saat itu ada seorang pelaut Amerika/Eropa tengah singgah di Australia. Dia melihat binatang yang unik dan bertanya kepada orang aborigin 'binatang apa itu?', dan orang aborigin menjawab 'Kang-Ga-Roo' yang artinya 'saya tidak mengerti'. Namun pelaut tersebut mengira nama binatang tersebut adalah Kang-Ga-Roo yang kemudian menjadi kanggaroo atau kanguru.

Rentang usia sekor kanguru sekitar 9 sampai 18 tahun. Meskipun ada juga beberapa yang bisa hidup hingga usia 28 tahun. Kanguru mampu begerak melompat dengan kecepatan hingga 70 km/jam. Bisa dibilang mereka adalah saingan terberat pocong dalam lomba balap karung. ^_^

Di dunia ini ada 3 spesies kanguru yaitu, Kanguru Abu-abu Timur, Kanguru Abu-abu Barat, dan Kanguru Merah. Kanguru Abu-bu Timur tersebar di daerah-daerah subur di Benua Australia bagian Timur. Sedangkan Kanguru abu-abu Barat penyebarannya di Australia bagian barat, bagian Selatan yang dekat dengan pantai, dan sekitaran Sungai Darling. Jumlah kanguru abu-abu sangat banyak, mereka hidup di daerah berumput, dan daerah hutan ekaliptus yang terbuka.

Kanguru Merah merupakan hewan marsupial terbesar saat ini. Tingginya bisa mencapai 2 m dengan berat tubuh mencapai 90 kg. Kanguru Merah biasanya hidup dalam sebuah kelompok besar. Kanguru jenis ini tidur di siang hari yang panas. Dan jika mereka tidak menemukan air, mereka akan mencari kelembaban dari tanaman. Selain itu , mereka tidak akan berkembangbiak jika tidak turun hujan dan tidak adanya tanaman baru.

Sebenarnya selain 3 spesies kanguru yang sudah disebutkan di atas, masih ada sekitar 60 makropod yang masih berhubungan dengan kanguru, seperti dorkopis, wallaby, kanguru pohon, wallaroo, Pademelon, dan Quokka.

Referensi : wikipedia
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Fauna Gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger