Mengenal Beruk, Monyet Dengan Ekor Babi

Sunday 12 May 20131comments

foto beruk
Beruk atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama Southern pig-tailed macaque, memiliki nama latin Macaca nemestrina. Mereka adalah spesies kera berbadan medium.

Beruk jantan dapat tumbuh hingga seberat 5 - 15 kg. Mereka memiliki bulu berwarna kecokelatan dengan warna yang lebih gelap di bagian punggung, dan warna yang lebih cerah di bagian bawah tubuh. orang Barat menamai beruk dengan Southern pig-tailed macaque, karena ekor beruk terlihat seperti ekor babi.

Beruk termasuk binatang terestrial (banyak menghabiskan waktunya di darat), tetapi mereka juga sangat terampil dalam memanjat. Beruk juga berbeda dengan primata kebanyakan, jika kebanyakan primata jaga jarak dengan air, beruk justru senang bermain air.

Beruk hidup dalam sebuah kelompok besar yang terbagi menjadi beberapa kelompok yang lebih kecil selama mencari makan di siang hari. Beruk adalah binatang omnivora. Makanan utama Beruk adalah buah-buahan, biji-bijian, jamur, dan binatang invertebrata.

Dalam kelompok beruk, ada sebuah susunan kasta. Beruk jantan akan terbagi-bagi kedudukannya berdasarkan kekuatannya, sedangkan beruk betina berdasarkan keturunannya. Anak betina dari beruk betina yang dominan akan memiliki kedudukan yang di atas semua betina lainnya dalam satu kelompok. Beruk betina yang dominan akan memimpin grup tersebut, sedangkan pejantan lebih berfungsi sebagai peredam jika terjadi konflik dalam kelompok tersebut.

Beruk siap kawin ketika usianya menginjak 3 hingga 5 tahun. Beruk betina akan hamil selama 6 bulanan. Dia akan melahirkan satu anak beruk setiap 2 tahun sekali. Anak beruk akan disapih setelah berusia 4 hingga 5 bulan.

Habitat beruk adalah hutan hujan dengan ketinggian sekitar 2000 m di atas permukaan air laut. Namun kadang mereka juga terlihat di ladang dan perkebunan penduduk.

Penyebaran beruk yaitu di daerah sebagian Selatan Semenanjung Malaysia hingga bagian selatan Thailand, Kalimantan, Sumatera, dan Pulau Bangka.
Referensi : Wikipedia
Share this article :

+ comments + 1 comments

27 January 2021 at 00:25

unik sekali yah beruk

axis net

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Fauna Gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger