Aye-aye

Sunday 7 October 20120 comments

Aye-aye
Aye-aye (Daubentonia madagascariensis) merupakan jenis lemur, primata strepsirrhine asli Madagaskar yang memiliki gigi seperti hewan pengerat dan jari tengah yang runcing untuk mengeruk seperti paruh burung pelatuk.
Aye-aye merupakan hewan nokturnal (hewan yang aktif dimalam hari) terbesar di dunia. Hewan ini punya cara unik untuk mencari makanannya. Dia akan menepuk-nepuk batang pohon untuk menemukan ulat, makanan kesukaannya. Kemudain dia akan membuat lubang kecil pada pohon tersebut menggunakan giginya, lalu memasukkan jari tengahnya yang panjang untuk menarik ulat tersebut.
Perlu anda ketahui, satu-satunya spesies binatang yang diketahui di dunia ini yang mencari makan dengan metode seperti ini selain Aye-aye adalah striped possum (Possum bergaris).
Sebenarnya makanan aye-aye tidak cuma ulat. Hewan ini termasuk hewan omnivora yang memakan kacang-kacangan, serangga, larva, buah, madu, biji-bijian, dan jamur. Aye-aye yang hidup di luar habitatnya mungkin akan sering mencuri buah-buahan seperti kelapa, mangga, serta buah lainnya dan juga telur ayam dari pemukiman penduduk ataupun perkebunan. Namun aye-aye yang hidup pada habitat alaminya lebih senang memakan getah, dan serangga seperti belalang, ulat dan larva.
Banyak hal yang menarik dari hewan langka ini. Disebut-sebut aye-aye merupakan satu-satunya primata yang menggunakan echolocation untuk menemukan mangsanya. Yeah, meskipun masih ada yang memperdebatkan apakah hewan ini termasuk golongan primata atau pengerat.
Hewan ini juga merupakan satu-satunya yang masih tersisa dari genus Daubentonia dan keluarga Daubentoniidae setelah kerabatnya yaitu Daubentonia robusta dinyatakan punah sejak 1000 tahunan yang lalu. Saat ini Aye-aye termasuk hewan yang dinyatakan terancam punah oleh IUCN.


Referensi : wikipedia
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Fauna Gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger