Platypus

Saturday 6 October 20120 comments

Platypus
Platypus (Ornithorhynchus anatinus) merupakan hewan mamalia semi-aquatic yang hanya dapat ditemukan di daerah Australia bagian selatan seperti Tasmania. Bersama dengan 4 spesies echidna lain, hewan unik ini merupakan salah satu dari lima spesies monotremes yang masih ada saat ini. dan merupakan satu-satunya mamalia yang berkembangbiak dengan cara bertelur.
Hewan langka ini merupakan satu-satunya yang masih hidup dari keluarga Ornithorhynchidae dan genus (Ornithorhynchus). Sementara spesies lain yang masih dekat dengannya saat ini hanya bisa ditemukan dalam wujud fosil.
Ciri fisik Platypus sangat unik. hewan ini memiliki moncong mirip bebek, ekor dan kaki mirip berang-berang, serta merupakan salah satu dari sedikit mamalia beracun. Platypus jantan memiliki taji pada bagian kaki belakang yang beracun yang dapat membuat seorang manusia yang mengenainya terluka parah. Penampilannya ini sempat membuat bingung seorang Naturalis asal Eropa yang pertama kali menemukannya.
Hingga permulaan abad ke-20, hewan ini masih diburu untuk diambil bulunya. Namun saat ini Platypus termasuk hewan yang dilindungi. Meskipun saat ini sudah dilakukan upaya penangkarannya, tetapi tingkat keberhasilannya masih terbilang sangat kecil. Mengingat hewan ini sangat rentan terhadap polusi.
Platypus merupakan maskot kota New South Wales. Hewan ini juga menjadi gambar pada koin 20 sen Australia. Selain itu, platypus juga sempat dipakai menjadi maskot pada beberapa even nasional setempat.


Referensi : wikipedia
credit image : amamoorlodge.com
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Fauna Gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger