Macam-Macam Macan Tutul

Wednesday 8 May 20130 comments

Macan tutul merupakan salah satu spesies kucing besar yang masih ada di dunia ini. Merekahidup di benua Asia dan Afrika dan terbagai dalam beberapa subspesies. Pada mulanya dianggap ada sekitar 30 spesies macan tutul. Namun setelah dilakukan pengujian secara molekuler, IUCN menetapkan hanya ada 9 subspesies macan tutul di dunia ini. Dan berikut adalah macam-macam macan tutul yang ada di dunia :

1. Macan Tutul Jawa (Panthera Pardus Melas)
Foto Macan Tutul Jawa atau Macan Kumbang
Macan tutul jawa disebut juga macan kumbang. Mereka hanya dapat ditemukan di Pulau Jawa. Ada 2 jenis macan tutul jawa, yaitu yang berwarna terang dan yang berwarna hitam. 

2. Macan Tutul India (Panthera Pardus Fusca)
Foto Macan Tutul India (Panthera Pardus Fusca)
Disebut juga Indian Leopard. Macan tutul ini termasuk dalam 5 spesies kucing terbesar di India bersama dengan Singa Asia, Harimau Bengal, Macan Tutul Salju, dan Macan Dahan (Clouded Leopard). Mereka hidup di hutan-hutan di India dengan ketinggian hingga 2500 m di atas permukaan laut.

3. Macan Tutul Afrika (Panthera Pardus Pardus)
Foto Macan Tutul Afrika (Panthera Pardus Pardus)
Jenis macan tutul yang satu ini merupakan jenis macan tutul yang paling banyak memiliki variasi corak warna bulu. Mulai dari kuning pucat, kucing keemasan, hingga kucing kecokelatan. Mereka sebagian besar tersebar di Sub-Sahara.

4. Macan Tutul Arab (Panthera Pardus Nimr)
Foto Macan Tutul Arab (Panthera pardus nimr)
Macan Tutul Arab merupakan macan tutul yang berukuran paling kecil dibandingkan dengan jenis-jenis macan tutul lainnya. Mereka termasuk binatang yang 'kritis'. Pada 2006 saja jumlahnya hanya sekitar kurang dari 200 ekor.

5. Macan Tutul Amur (Panthera Pardus Orientalis)
Foto Macan Tutul Amur (Panthera Pardus Orientalis)
Dikenal juga sebagai Macan Tutul Manchuria. Mereka tersebar di hutan-hutan Korea, Timur Laut China, dan Rusia. Macan tutul ini memiliki pola bulu yang terbilang cukup mencolok dibandingkan spesies macan tutul lainnya. Mereka juga memiliki mata hijau-biru yang bercahaya.

6. Macan Tutul Persia (Panthera Pardus Ciscaucasica)
Foto Macan Tutul Persia (Panthera Pardus Ciscaucasica)
Dikenal juga dengan nama macan tutul kaukasus.  Mereka adalah salah satu spesies macan tutul yang berukuran paling besar dibandingkan dengan spesies macan tutul lainnya yang masih ada saat ini. Daerah penyebaran Macan tutul Persia adalah Afghanistan Bagian Barat, daerah Utara Iran, Turkmenistan bagian selatan, Turki Timur, dan Pegunungan kaukasus.

7. Macan Tutul Cina Utara (Panthera Pardus Japonensis)
Foto Macan Tutul Cina Utara (panthera Pardus Japonensis)
Mereka hidup di daerah Cina bagian Utara. Ukuran tubuh mereka sama dengan ukuran tubuh macan tutul indocina. Daerah penyebaran mereka adalah China bagian tengah dimulai dari Lanzhou hingga daerah pegunungan di sebelah selatan gurun gobi.

8. Macan Tutul Indocina ( Panthera Pardus Delacouri)
Macan Tutul Indocina ( Panthera Pardus Delacouri)
Merpakan speise macan tutul yang daerah penyebarannya meliputi Cina bagian selatan, Vietnam, Malaysia, Kamboja, Laos dan Thailand.

9. Macan Tutul Srilanka (Panthera Pardus Kotiya)
Macan Tutul Srilanka (Panthera Pardus Kotiya)
Di Sinhala, mereka sering juga disebut dengan nama Kotiya. Sementara di tamil mereka disebut dengan nama Chiruththai. Mereka baru teridentifikasi sejak 1956 oleh seorang zoologist asal Srilanka yang bernama Deraniyagala. Diperkirakan jumlahnya saat ini tidak lebih dari 250 ekor.


Referensi : Banyak situs
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Fauna Gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger