7 Hewan Paling Berbahaya di Afrika

Tuesday, 7 May 20130 comments

Afrika merupakan benua yang masih kurang tersentuh kemajuan zaman. Di benua masih banyak ditemukan hewan-hewan yang tergolong berbahaya bagi manusia. Dan berikut ini adalah daftar 7 hewan paling berbahaya di Afrika yang diurutkan berdasarkan banyaknya korban manusia akibat dari keberadaan mereka.

7 Belalang Gurun (Desert Locusts)
foto belalang gurun atau desert locusts
Sebenarnya belalang gurun tidaklah membunuh manusia secara langsung, mereka hanya menyebabkan rentetan kejadian yang membuat manusia terancam. Mereka merusak tanaman pangan yang menyebabkan bencana kelaparan di beberapa negara di Afrika.

Belalang gurun ini tersebar hingga ke 60 negara atau sekitar 20% luas dunia. Bencana besar terbaru yang diakibatkan oleh migrasi besar-besaran belalang gurun ini terjadi pada tahun 2004 yang menyerang Afrika bagian Barat dan Bagian Utara termasuk di dalamnya adalah Mesir, Yordania, dan Israel untuk pertama kalinya dalam 50 tahun terakhir. Alhasil

Sekerumunan belalang gurun di Maroko tersebar antara Tarfaya dan Tan Tan. Dalam arena sepanjang 230 km dan lebar 150 km, terdapat setidaknya 69 miliar belalang gurun yang benar-benar mengacak-acak tanaman pangan di negara tersebut.


6. Singa 
gambar Singa si raja Hutan
Insiden Singa menyerang manusia yang paling terkenal adalah insiden di Tsavo, Kenya selama pembangunan Kenya-Uganda pada abad ke-20. Pada saat itu, singa yang seharusnya tidak memangsa manusia, terlihat seolah mencari mangsa manusia.

Studi telah dilakukan untuk mempelajari tentang kejadian singa memangsa manusia, terutama di Tanzania. Diantara tahun 1990 hingga 2005 setidaknya ada 563 orang di desa-desa di Tanzania yang telah diserang oleh Singa, dan banyak yang dimangsa. Konon korbannya jauh lebih banyak daripada yang terjadi pada insiden Tsavo.

5. Buaya
foto buaya muara
Buaya Nil dan Buaya Muara adalah spesies buaya yang paling berbahaya. Setiap tahunnya dilaporkan ada ratusan orang di afrika yang diserang oleh buaya. Karena sebagian besar kasus penyerangan buaya ini terjadi di daerah terpencil, maka sangat susah untuk mendapatkan data yang akurat. Konon katanya serangan buaya Nil atau buaya muara hanya terjadi dalam waktu sekian detik saja.

4. Gajah
foto gajah
Pada tahun 1970-1980an terjadi penyerangan besar-besaran oleh Gajah di desa-desa di Afrika. Konon hal ini dipicu oleh pembalasan para gajah atas pembantaian gajah yang dilakukan oelh manusia. Hal ini semakin menegaskan kalau gajah tidak pernah lupa akan suatu kejadian dan akan melakukan pembalasan dendam.

3. Kerbau Liar
Foto kerbau liar afrika
Salah satu dari 5 hewan liar terbesar di Afrika ini adalah salah satu binatang herbivora yang sangat kuat dan bahkan Singa pun tidak berani sembarangan terhadap mereka. Memang belum ada data resmi yang kami dapat mengenai jumlah serangan kerbau terhadap manusia, tetapi beberapa laporan menyebutkan bahwa beberapa orang terbunuh atau terluka parah ketika mereka tanpa berpapasan dengan binatang ini.

2. Kudanil
foto kudanil
Sekilas mereka terlihat seperti binatang yang malas, bodoh, dan lamban. Jangan tertipu dengan penampilan mereka. Mereka adalah binatang yang ganas. Mereka dapat berlari lebih cepat dari pada anda. Karena konflik lahan dengan manusia, beberapa kudanil sempat dikabarkan menyerang lahan pertanian di malam hari. Dan hal tersebut menjadi awal dari sebuah penyerangan kudanil terhadap manusia di Niger yang menyebarkan teror yang cukup mengerikan.

1. Nyamuk
foto nyamuk malaria
Binatang kecil ini adalah yang paling berbahaya di Afrika. Mereka adalah penyebar virus mematikan, yaitu malaria yang merupakan salah satu penyebab kematian terbesar di dunia.

Referensi : africapoint
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Fauna Gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger