Mengenal Babi rusa atau babirusa

Thursday 29 November 20120 comments

babi rusa
Babi rusa atau babirussa merupakan salah satu hewan langka yang ada di Indonesia. Hewan yang memiliki nama ilmiah Babyrousa babirussa ini memiliki penampilan yang sekilas sangat mirip dengan babi pada umumnya. Hewan langka Indonesia ini juga memiliki taring yang mencuat ke atas seperti babi hutan. Hanya saja ukuran tubuh babi rusa jauh lebih besar jika dibandingkan dengan ukuran tubuh babi biasa..
Hewan yang juga merupakan hewan endemik Indonesia (hanya dapat ditemukan di Indonesia) ini bisa ditemukan di hutan - hutan hujan tropis di beberapa daerah di Indonesia. Penyebarannya meliputi Pulau Sulawesi, Togian, Malenge, Sula, Buru dan Maluku.
Babi rusa merupakan hewan nokturnal yang aktif di malam hari untuk mencari makan. Makanan babirusa antara lain buah-buahan, tumbuh-tumbuhan, dan jamur. Ukuran tubuh hewan langka ini bisa mencapai panjang 87 - 106 cm dengan tinggi sekitar 65 hingga 80 cm. Sedangkan berat tubuhnya bisa mencapai 90 kg.
Sifat babirusa sebenarnya adalah binatang yang pemalu. Namun dia tidak akan segan - segan untuk menyerang jika dirinya merasa terancam atau terganggu.
Babi rusa dapat hidup hingga umur 24 tahun di alam liar. Namun saat ini populasinya semakin menurun karena semakin berkurangnya habitat dan akibat perburuan liar. Sehingga saat ini status babi rusa adalah hewan yang dilindungi.
Referensi : kidnesia
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Fauna Gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger