Informasi Tentang Onta, BInatang yang penuh dengan keistimewaan

Monday, 13 May 20130 comments

foto onta berpunuk satu
Onta atau Unta merupakan spesies dari genus Camelus. Onta sendiri ada 2 jenis yaitu Onta berpunuk satu (Camelus dromedarius), dan Onta berpunuk dua (Camelus bactrianus) dimana keduanya hidup di daerah beriklim kering dan gurun di Asia dan Afrika Utara.

Onta berpunuk satu hidup di wilayah Afrika Utara dan Timur Tengah. Sedangkan ONta berpunuk dua hidup di wilayah Australia, Mongolia, dan wilayah Gurun Gobi Cina. Di Australia populasi Onta semakin menurun setelah adanya pembantaian onta yang dituduh sebagai penyumbang gas rumah kaca dan penyebab pemanasan global.

Onta memiliki bentuk kaki yang unik yang cocok untuk berjalan di pasir tanpa tenggelam, meski tubuhnya besar dan membawa beban yang berat. Masing-masing kaki memiliki dua jari kaki besar untuk memperluas permukaan. Tinggi onta bisa mencapai 7 kaki dengan ebrat badan mencapai 750 kg.

Onta pertama kali dijinakkan oleh manusia sekitar 5000 tahun yang lalu untuk digunakan sebagai hewan pekerja, diperah susunya, atau dimakan dagingnya. Onta dapat hidup hingga usia 30 sampai 50 tahun.

Onta yang hidup di daerah keras dan kering memiliki beberapa kemampuan bertahan hidup yang luar biasa. Mereka dapat terus hidup meski tidak makan dan minum selama berhari-hari. Hal ini dikarenakan onta mampu menyimpan cadangan lemak khusus yang sangat banyak di punuknya. Lemak tersebut suatu saat bisa diubah menjadi air dengan bantuan oksigen. Satu gram air dapat dihasilkan dari sau gram lemak di punuk onta.

Kemampuan adaptasi lainnya yang luar biasa adalah, sistem respirasinya meninggalkan sedikit sekali jejak uap air. uap air yang keluar dari paru-paru diserap kembali oleh tubuhnya melalui sel khusus yang terdapat di hidung bagian dalam, membentuk kristal dan suatu saat dapat diambil.

Mereka juga mampu hidup di padang pasir yang sangat panas (hingga 41 derajat celcius) di siang hari dan dingin di malam hari. Pada suhu yang lebih dari 41 derajat celcius, onta akan mulai berkeringat. Namun proses berkeringat tersebut hanya terjadi pada kulitnya saja. Keunikan tersebut membuat mereka mampu menghemat cadangan air yang cukup banyak.
foto unta berpunuk dua
Kebanyakan makhluk hidup hanya mampu bertahan hidup hingga kehilangan massa 3%-4%, jika lebih dari itu maka darahnya akan mengental dan menyebabkan gagal jantung, dan mati. Namun lain dengan onta, mereka mampu bertahan hingga kehilangan massa sebanyak 20%-25% dari tubuhnya.

Sel darah onta berbentuk bulat tidak oval seperti makhluk hidup lainnya. Sehingga darah onta tidak akan mengental pada kondisi yang jika menimpa makhluk hidup lain maka darah mereka akan mengental. Berkat bentuk sel darah mereka yang berbeda ini pula, onta memiliki sistem kekebalan tubuh yang unik juga.

Onta memiliki usus dan ginjal yang sangat efisien dalam menyerap air dalam makanan. Sehingga urin mereka sangat kental, dan kotoran mereka snagat kering. Bahkan kotoran onta yang baru keluarpun akan menyala kalo dibakar.

Keistimewaan lain yang dimiliki oleh onta adalah, susu mereka jauh lebih bernutrisi dibandingkan dengan susu sapi.Onta adalah binatang herbivora. Makanan mereka adalah kurma, daun, gandum, daun, dan bahkan duri pun bisa dimakannya. Onta dapat membawa beban hingga seberat 500 kg.

Unta juga memiliki bulu mata yang tebal untuk melindungi mata mereka saat melintas gurun pasir, atau saat terjadi badai pasir. Onta juga dapat menutup lubang hidung dan bibirnya untuk mencegah agar pasir tidak masuk.

Meski telinga onta kecil, tetapi mereka memiliki pendengaran yang sangat baik. Merek ajuga terkenal dapat minum hingga 7 galon dalam sehari.

Referensi ; banyak sumber
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Fauna Gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger