Mengenal Jerapah, binatang darat tertinggi di dunia saat ini

Wednesday 1 May 20130 comments

gambar jerapah
Jerapah atau zarafah yang memiliki nama latin Giraffa camelopardalis ini merupakan hewan endemik Afrika. Konon, binatang berleher panjang ini adalah binatang darat tertinggi di dunia saat ini. Tinggi jerapah jantan mencapai 4,8 hingga 5,5 m.

Nama Jerapah diperkirakan berasal dari bahasa Arab yaitu "zirafah". Jerapah betina biasanya berukuran lebih kecil dan lebih pendek dibandingkan dengan jerapah jantan. Berat tubuh jerapah mampu mencapai 1,360 kg.

Jerapah masih berkerabat dekat dengan rusa dan sapi, hanya saja jerapah berasal dari suku yang berbeda yaitu suku Giraffidae yang mencakup jerapah dan Okapi. Habitat asli Jerapah adalah daerah Chad hingga Afrika Selatan.

Meski semua jerapah terlihat sama dalam penampilan, tetapi pada kenyataannya terdapat 9 jenis jerapah yang dibedakan menurut pola bercak pada tubuhnya. Jenis-jenis jerapah tersebut antara lain :
  1. Jerapah Kanibal atau Reticulated Giraffe (G.c. reticulata) yang memiliki bercak cokelat muda kemerahan dipisahkan oleh garis putih cerah membentuk pola poligon. Bercak-bercaknya bisa sampai di kaki. Habitat jerapah jenis ini adalah di timur laut Kenya, Ethiopia, hingga Somalia.
  2. Jerapah Angola atau Smoky Giraffe (G.c. angolensis) yang memiliki bercak-bercak besar dan kecil yang tidak teratur sampai di bawah lutut. Jerapah jenis ini dapat ditemui di wilayah Angola dan Zambia.
  3. Jerapah Kordofan (G.c. antiquorum), memiliki bercak-bercak berukuran kecil yang lebih tidak teratur lagi. Bercak-bercaknya ini berlanjut hingga kaki sisi bagian dalam. Habitat jerapah jenis ini adalah di bagian barat dan barat daya Sudan.
  4. Jerapah Masai atau Jerapah Kilimanjaro (G.c. tippelskirchi) pola bercaknya menyerupai daun anggur, berwarna cokelat tua dengan pinggiran yang tidak rata dan dipisahkan oleh garis-garis berwarna kekuningan. Habitat jerapah jenis ini adalah di Tanzania dan Kenya bagian Selatan dan Tengah.
  5. Jerapah Nubia (G.c. camelopardalis), memiliki bentuk bercak yang hampir terlihat seperti bentuk segi empat, berwarna coklat terang di atas dasar berwarna krem, tidak ada bercak di bawah lutut dan di sisi kaki bagian dalam. Habitanya adalah di wilayah Timur Sudan, dan Timur Laut Kongo.
  6. Jerapah Rothschild atau Jerapah Baringo atau Jerapah Uganda (G.c. rothschildi). Memiliki bercak dengan bentuk segi empat dengan background warna berwarna krem yang bisa mencapai bagian bawah lutut. Habitat Jerapah jenis ini adalah di wilayah Uganda, dan bagian tengah sampai timur Kenya.
  7. Jerapah Afrika Selatan (G.c. giraffa). Memiliki bercak yang terlihat seperti tutul-tutul dan beberapa ada yang membentuk pola menyerupai bintang. Bercak-bercaknya ini bisa mencapai bagian telapak kaki. Jerapah jenis ini hidup di daerah Afrika Selatan, Botswana, Namibia, Mozambik, dan Zimbabwe.
  8. Jerapah Thornicroft atau Jerapah Rhodesia (G.c. thornicrofti). Memiliki bercak yang berbentuk menyerupai bintang atau daun. Bercaknya ini sampai ke kaki bagian bawah. Habitat jerapah jenis ini adalah di wilayah Zambia bagian timur.
  9. Jerapah Afrika barat atau Jerapah Nigeria (G.c. peralta). Memiliki warna bercak yang kekuningan dan pucat. Jerapah jenis ini mendiami wilayah Chad.

Referensi : wikipedia
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Fauna Gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger