Mengenal Simpanse, si kera cerdas

Wednesday 29 May 20130 comments

Foto Simpanse di Kebun Binatang Los Angeles
Simpanse merupakan spesies kera dari genus Pan yang berasal dari benua Afrika. Sebenarnya ada dua jenis Simpanse di dunia ini yaitu Simpanse biasa (Pan troglodytes), dan Banobo (Pan paniscus). Namun nama simpanse jauh lebih familiar daripada banobo.

Secara anatomi, Simpanse biasa dan banobo nyaris tidak ada bedanya, tetapi secara perilaku, mereka mempunyai perbedaan yang cukup spesifik. Simpanse biasa merupakan binatang omnivora yang berburu secara berkelompok dan memiliki agresifitas, sedangkan banobo umumnya merupakan pemakan buah dan egaliter, serta tidak suka kekerasan. Selain itu banobo juga memiliki kecenderungan biseksual dimana mereka biasa menggunakan seks untuk menyelesaikan sebuah konflik.

Simpanse dikenal sebagai binatang yang sangat cerdas. Mereka adalah salah satu dari sangat sedikit binatang yang bisa menggunakan alat. Penelitian terbaru menemukan bahwa ternyata Simpanse juga memiliki empati terhadap simpanse lain, terutama yang satu kelompok. Bahkan ada juga simpanse yang mau mengadopsi anak simpanse yatim piatu dari kelompok simpanse lain.

Lebih dari itu, simpanse juga memiliki rasa hormat, dan simpati terhadap binatang lain juga. Mereka juga seolah bisa bermain-main untuk kesenangan, seperti mendandani tongkat kayu atau menggendong-gendong batu seolah sedang bermain dengan makhluk hidup.

Simpanse juga memiliki daya ingat yang sangat baik. Dikatakan bahwa mereka memiliki ingatan fotografik, dimana mereka dapat mengingat wujud sesuatu yang pernah dilihatnya dengan cukup baik. Bersama dengan gorilla, dan orang utan, simpanse disebut-sebut juga bisa tertawa seperti layaknya manusia ketika merasa bahagia.

Referensi : wikipedia
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Fauna Gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger