6 Hewan Yang Dijadikan Maskot Piala Dunia

Thursday, 27 June 20130 comments

Setiap pagelaran pesta olahraga, pasti memiliki kesan tersendiri. Dan salah satu kesan menariknya adalah adanya maskot. Dan biasanya penyelenggarakan pesta olahraga memilih sosok binatang yang ada di dunia nyata untuk digunakan sebagai maskot dengan berbagai filosofi-filosofi baik yang dimiliki binatang tersebut. Dan berikut ini adalah 6 Hewan yang Dijadikan Maskot Piala Dunia versi faunague :

1. Maskot Singa bernama World Cup Willie
World Cup Willie, Maskot Piala Dunia 1966 Inggris
Bisa dibilang ini adalah maskot pertama Piala Dunia yang resmi sekaligus maskot Piala Dunia pertama yang menggunakan sosok binatang. Maskot Singa ini digunakan pada Piala Dunia 1966 di Inggris. Seperti yang kita tahu Singa merupakan binatang yang identik dengan lambang nasional Inggris. So, sangat cocok dengan momennya.

2. Maskot Anjing bernama Striker
Striker, Maskot Piala Dunia 1994, Amerika Serikat
Pada Piala Dunia 1994 yang dihelat di Amerika Serikat, seekor anjing bermoncong hitam yang diberi nama Striker diangkat menjadi maskot resmi. Striker mengenakan kaos raglan berwarna merah-putih yang bertuliskan "USA 94", serta celana pendek berwarna biru.

3. Maskot Ayam bernama Footix
Gambar Footix, Maskot Piala Dunia tahun 1998 Perancis
Piala Dunia tahun 1998 digelar di Perancis. Sesuai dengan julukan Timnas Perancis, Tim Ayam Jantan, maskot yang diagkat pada Piala Dunia kala itu adalah seekor ayam berwarna biru dengan kepala berwarna merah. Di bagian dadanya ada tulisan "FRANCE 98" berwarna putih, dan memegang sebuah bola. Nama "footix" sendiri merupakan sebuah kata portmanteau dari "sepak bola", yang diberi akhiran "-ix" dari kata Astérix.

4. Maskot Singa bernama Goleo
Gambar Goleo, Maskot Piala Dunia 2006 Jerman
Maskot Singa diperkenalkan dalam pagelaran Piala Dunia 2006 yang diselenggarakan di Jerman. Maskot singa tersebut diberi nama Goleo yaitu sosok Singa yang memakai kaos Timnas Jerman berwarna putih dengan nomor punggung '06' yang selalu ditemani pasangannya yang bernama Pille, yaitu sebuah bola yang bisa bicara.

Sebenarnya Singa bukanlah Binatang Nasional Jerman, melainkan binatang nasional Inggris, oleh sebab itu, maskot ini pun sempat mendapatkan banyak kritik. Meskipun demikian, pagelaran Piala Dunia 2006 tetap berlangsung dengan lancar dimana Italia menjadi juaranya setelah mengalajkan Perancis pada babak Final melalui adu penalti.

5. Maskot Macan Tutul bernama Zakumi
Gambar Zakumi, Maskot Piala Dunia 2010 Afrika Selatan
Piala Dunia 2010 yang digelar di Afrika Selatan mengangkat sosok Macan Tutul yang diberi nama Zakumi sebagai maskot. Zakumi adalah seekor macan tutul berwarna kuning dengan rambut berwarna hijau, mengenakan kaos berwarna putih yang bertuliskan "Save Africa 2010", dan mengenakan celana pendek berwarna hijau, serta membawa bola. Konon nama Zakumi berasal dari kata “Za”, yang merupakan kode untuk Afrika Selatan, dan “kumi”, yang berarti sepuluh dalam berbagai bahasa Afrika.

6. Maskot Armadilo yang bernama Fuleco
Gambar Fuleco Maskot Piala Dunia 2014 Brasil
Pagelaran Piala Dunia 2014 memang masih setahun lagi. Namun Brazil sebagai tuan rumah sudah memperkenalkan maskot dari hajatan 4 tahun sekali tersebut. Seekor Armadillo yang diberi nama Fuleco diangkat sebagai maskot Piala Dunia 2014 nanti.

Nama "Fuleco" diambil dari kata 'futebol' (sepakbola) dan 'ecologia' (ekologi). Fuleco merupakan seekor armadillo berwarna kuning dengan bagian kepala berwarna biru, mengenakan kaos putih bertuliskan "BRASIL 2014", mengenakan celana pendek berwarna hijau dan membawa bola..

Sumber : Wikipedia
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Fauna Gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger