10 Fakta Tentang Semut

Monday 15 July 20130 comments

Semut merupakan salah satu jenis serangga yang namanya dijadikan nama salah satu surah di Al Qur’an, yaitu surah An-Naml. Semut adalah binatang yang dikenal memiliki solidaritas tinggi antar sesamanya. Menurut para ilmuwan, mereka telah bertahan selama 6 juta tahun karena mereka memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan baik dimana pun mereka tinggal. 
semut

Berikut fakta-fakta menakjubkan dan unik dari semut yang perlu kita ketahui: 

1. Semut Lebih Pintar Daripada yang Kalian Pikirkan Binatang dengan otak paling besar proporsinya jika dibandingkan dengan keseluruhan tubuhnya adalah semut. Mereka dikenal sebagai salah satu spesies paling cerdas di antara serangga-serangga lainnya. Mereka memiliki sekitar 250.000 sel otak di kepalanya. 

2. Semut Sangat Ahli di Bidang Pertanian Semut telah memulai bertani dan berkebun 50 juta tahun lebih awal sebelum manusia untuk meningkatkan jumlah makanan mereka. Para semut menggunakan teknik hortikultura yang sangat canggih untuk meningkatkan hasil panen mereka. Mereka mensekresikan zat kimia yang kaya antibiotik untuk menghambat pertumbuhan jamur. Sarang mereka juga dibangun dengan sistem yang sangat canggih untuk mengontrol temperatur dan kelembapan. 

3. Semut Merupakan Ahli Strategi Perang Antara spesies semut yang berbeda, bahkan yang sejenis pun terkadang kawanan semut bisa “bertarung” dan “berperang” satu sama lain. Salah satu pertempuran semut yang paling luas jangkauannya adalah pertempuran sejenis Pavement Ant. Hal yang “cerdik” dilakukan semut Amazon, sebelum menyerang mereka akan mengobservasi sarang lawan terlebih dahulu. Setelah dua hari pengintaian, semut amazon akan menyerang lawannya yang rata-rata telah panik dan tidak terorganisir. Semut yang kalah tersebut kemudian dijadikan budak. 

4. Jumlah Semut Sangat Banyak Sekali Semut merupakan binatang dengan populasi terbanyak di dunia. Jika dikalkulasikan, 10% dari keseluruhan hewan di dunia merupakan semut. Dan jika ditimbang, jumlah massa semua semut di bumi sama dengan jumlah massa semua manusia di bumi. 

5. Semut Bisa Membentuk Superkoloni Semut argentina merupakan jenis semut yang suka menyerang. Mereka membentuk superkoloni yang besar dan banyak di Kalifornia, AS. Superkoloni tersebut memiliki jutaan sarang dengan jangkauan hampir ratusan mil dan kedalaman sarangnya mencappai 6 meter. Semut dari sarang yang berbeda namun dalam satu koloni sangat jarang terlihat saling serang satu sama lain. Superkoloni terbesar terdapat di Kalifornia bagian selatan, dengan panjang 600 mile (sekitar 965 kilometer). Pertempuran antara superkoloni semut Argentina bisa menyebabkan jatuhnya jutaan korban semut yang tewas dalam sehari saja. 

Perang Semut Argentina

6. Umur Koloni Semut Hanya Beberapa Bulan Berbeda dengan Ratunya Semut pekerja hanya biasanya mampu bertahan hidup selama 45-60 hari, bandingkan dengan sang ratu semut yang bisa hidup hingga berumur 20 tahun. Dan ketika sang ratu mati, koloni semut tersebut hanya bisa bertahan beberapa bulan. 

7. Semut Karnivora Di Afrika dan Asia, terdapat spesies semut yang bisa membunuh dan memakan binatang lain yang lebih besar dengan cara “mengeroyokinya”. Semut itu dikenal dengan nama Driver Ant, Safari Ant dan Siafu. Jenis semut itu merupakan pemburu yang sangat kuat, dan mereka memanfaatkan jumlah mereka dalam mengincar mangsa. Driver ant pernah ditemukan membunuh bayi manusia dan kuda yang sedang diikat di kayu. Driver ant akan membunuh apapun yang berada di dekat sarang mereka, bahkan 100.000 ekor binatang bisa mati dalam sehari karena koloni semut ganas ini. Semut ini sering berpindah-pindah untuk mencari mangsa, seperti serangga, laba-laba, kadal, ular, ayam dan binatang kecil lainnya. Mereka terkadang memanjat pohon dan menyerang burung di sarangnya. 

8. Semut yang Suka Beternak Semut selain suka bertani, berburu dan berperang, mereka juga suka beternak. Yang mereka ternakkan adalah Aphid, sejenis kumbang. Semut madu mendapatkan madu yang manis dari hasil sekresi aphid tsb. Semut akan melindungi dan memberi makanan kumbang. Mereka memilihkan tanaman yang cocok untuk Aphid tinggal dengan aman. Jika ada predator atau parasit datang, maka semut tsb akan memboyong aphid ke tempat lain. Mereka akan mempertahankan dan membela aphid.
Semut dan Aphid

9. Perbudakan dalam Dunia Semut Dalam dunia semuut, terjadi pebudakan yang dilakukan oleh kawanan semut berjenis Slave-Maker ant. Semut ini suka menggerebek sarang semut lain dan mencuri pupa (telur) mereka. Dan ketika pupa tersebut menetas, dan menjadi semut, semut tersebut kemudian dijadikan budak dalam koloni. 
Perbudakan Semut
10. Kasta dalam Dunia Semut Seekor ratu semut memiliki ukuran lebih besar daripada pekerjanya. Sang ratu juga memiliki thorax dan abdomen yang lebih besar daripada pekerjanya. Setelah menemukan koloni baru, tugas sang ratu adalah untuk menghasilkan banyak semut pekerja, semut jantan dan ratu lainnya. Mereka bisa hidup selama 20 tahun dan bisa memproduksi ribuan telur dalam hidupnya. Semut jantan memiliki tubuh yang paling kecil dalam kasta semut. Tugas mereka membuahi sang ratu saat ritual perkawinan dan akan mati setelah beberapa hari setelahnya. Semut pekerja memiliki tugas mencari makan, merawat bayi, membangun sarang dan menjaga koloni serta ratu. Semut tentara yang bercirikan memiliki kepala yang besar bertugas untuk menjaga sarang mereka dari serangan musuh. 
Ratu Semut


Sumber : infoindonesia
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Fauna Gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger