Kiara "Liliger" Hasil Persilangan Ajaib Harimau Singa

Sunday 21 July 20130 comments

Kiara The Liliger
Liger (lion-tiger) merupakan spesies hasil persilangan  harimau dan singa. Jenis ini tidak akan pernah terjadi di alam liar karena berbagai perbedaan yang dimiliki dua spesies kucing besar ini.
"Jika ada harimau yang mencoba kawin dengan singa betina maka dia akan dikejar oleh gerombolan singa lainnya," demikian diungkapkan Craig Packer, Direktur Lion Research Center di University of Minnesota, Amerika Serikat.

Walaupun sejatinya harimau dan singa meiliki banyak perbedaan baik dari segi geografi maupun mekanisme tingkah laku yang menghindarkan mereka dari kemungkinan untuk kawin satu sama lain, hal ini tidak berlaku di dalam penangkaran. Meskipun terpisah tujuh juta tahun evolusi, pada dasarnya mereka masih cukup berkaitan dan memungkinkan mereka untuk menghasilkan keturunan bersama.

Fenomena inilah yang membuat Kebun Binatang Novosibirsk di Rusia memiliki seekor spesies baru yang disebut Liliger. Liliger merupakan spesies yang merupakan anak dari seekor betina liger (persilangan singa dan harimau) dan seekor singa jantan. Liliger bernama Kiara ini lahir pada pertengahan September 2012 dan menjadi satu-satunya spesies Lililiger yang ada di dunia ini.

Meski unik dan menjadi persilangan yang ajaib, Kiara dianggap sebagai ancaman keberlangsungan harimau dan singa. Percampuran yang tidak alami dari kedua jenis kucing besar tersebut tidak memiliki tujuan konservasi. Di alam liar, jenis seperti Kiara, kemungkinan besar akan bercampur karena kedua orang-tuanya memiliki sifat yang sangat berbeda. Singa adalah spesies sosial, sedangkan harimau adalah penyendiri, kata Parker.

Itulah mengapa badan akreditasi kebun binatang di Amerika Utara, AZA, tidak menyetujui persilangan singa-harimau sperti ini. Mereka lebih fokus pada progam konservasi di alam liardan menganggap beberapa kebun binatang yang melakukan persilangan ini biasanya dimotivasi kepentingan publisitas.




Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Fauna Gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger