Panda (Giant Panda)

Wednesday 10 October 20120 comments

Panda
Panda (Giant Panda) merupakan hewan mamalia asli Tiongkok Tengah yang dimasukkan kedalam kelompok beruang, Ursidae. Secara taksonomi, Panda termasuk hewan karnivora, tetapi pada kenyataannya mereka lebih senang memakan bambu-bambuan, meski terkadang mereka juga makan serangga dan telur.
Habitat asli Panda adalah di daerah pegunungan China Tengah, terutama di provinsi Sichuan. Namun juga dapat ditemui di provinsi Shaanxi dan Gansu. Karena perluasan lahan pertanian, dan proyek pembangunan lainnya, habitat Panda mulai tergusur. Dan saat ini populasi Panda di dunia semakin menurun.
Pada tahun 2007 dilaporkan hanya ada sekitar 239 ekor Panda yang hidup di Penangkaran di China, 27 di luar China. Sedangkan yang hidup di alam liar jumlahnya masih rancu. Ada yang mengatakan sekitar 1.590 ekor ada juga study yang dilakukan pada 2006 menyatakan jumlahnya sekitar 2000 hingga 3000 ekor. Namun demikian, laporan tersebut tidaklah membuat IUCN menarik Panda dari daftar spesies terancam punah.
Panda bisa tumbuh hingga tinggi sekitar 1 meter dengan berat yang bisa mencapai  160 kg. Ukuran Panda jantang lebih besar dibandingkan ukuran Panda betina. Yang unik adalah, meskipun Panda bisa tumbuh hingga sebesar itu, bayi Panda yang baru lahir ukurannya hanya sekitar 15 - 17 cm dengan berat sekitar 100 - 200 gram.
Pada umumnya Panda hidup secara soliter (menyendiri) dan beberapa Panda dewasa memiliki daerah kekuasaannya sendiri. Selain itu Panda betina biasanya tidak bisa toleran dengan betina lain yang ada di areanya. Panda akan berkomunikasi melalui suara, tanda cakar di pohon, atau tanda wilayah dengan urin.
Panda tidak membangun sarang secara permanen. Sehingga mereka tidak melakukan hibernasi pada musim dingin. Sebagai gantinya mereka akan bermigrasi ke daerah yang lebih hangat. Panda juga dikenal lebih mengandalkan memori spasial daripada memori visual.
Panda akan siap kawin pada usia 4 hingga 8 tahun dan akan terus mampu bereproduksi hingga usia 20 tahun. Musim kawin Panda terjadi setahun sekali yaitu antara Maret hingga Mei. Pada masa itu, Panda Betina akan "terangsang" hanya selama 2 atau 3 hari saja. Proses "bersenggama" berlangsung sangat singkat yaitu sekitar 30 detik hingga 5 menit saja. namun mungkin si Jantan akan melakukannya secara berulang-ulang untuk memastikan "pembuahannya" sukses. Kemudian Panda akan mengandung selama 95 hingga 160 hari.
Setelah "kawin", Panda jantan akan meninggalkan si Betina sendirian lagi. Panda betina akan mengurus anaknya hingga bisa bertahan sendiri di alam liar. Jika bayi Panda yang dilahirkan ternyata lebih dari satu, biasanya induk Panda akan menganakemaskan salah satu anaknya tersebut dan membiarkan anak yang lainnya mati. Si induk akan memilih bayi yang dianggap kuat dan meninggalkan yang lemah karena mereka merasa ASI mereka tidak cukup untuk membesarkan anak lebih dari satu.
Hal ini pula lah yang menyebabkan populasi Panda kian menurun selain karena menyempitnya habitat asli mereka. Sebagai tambahan, Panda memang terlihat jinak, dan tenang, tetapi pada kenyataannya sering terjadi kasus mereka menyerang manusia. Namun pada dasarnya ini adalah bentuk pertahanan diri dan bukan karena insting predator.
Referensi : wikipedia
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Fauna Gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger