Ditemukan Dua Spesies Lemur Tikus (mouse lemur) Baru

Saturday 25 May 20130 comments

Foto Lemur Tikus Microcebus marohita
Dua spesies lemur tikus (mouse lemur) baru, baru-baru ini ditemukan di hutan Madagaskar oleh peneliti-peneliti dari AS, Jerman, dan Madagaskar.Dua spesies lemur tikus tersebut diberi nama Microcebus marohita dan Microcebus tanosi.

Nama Microcebus marohita diberikan kepada jenis lemur tikus yang memiliki daun telinga kecil, kaki belakang relatif besar, dan berwarna kecoklatan. Nama tersebut diberikan karena lemur tikus jenis ini pertama kali ditemukan di hutan Marohita. Lemur tikus jenis ini dinobatkan sebagai spesies lemur tikus terpanjang dengan panjang tubuh sekitar 28 cm diukur dari ujung kepala hingga ujung ekor, dengan berat sekitar 78 gram.

Yang satunya lagi diberi nama Microcebus tanosi, karena pertama kali ditemukan pada tahun 2007 di wilayah Anosy, yaitu sebelah tenggara Madagaskar. Ciri-ciri morfologi hewan ini antar alain : kepala berwarna kemerahan dengan rambut berwarna coklat yang menutupi tubuhnya, warna bulu bagian perut lebih cerah dari bagian lainnya, serta memiliki belang di sepanjang tulang belakang. Panjang tubuh lemur tikus jenis ini adalah 27 cm, dengan berat sekitar 51 gram.

Dibutuhkan waktu sekitar 10 tahun sebelum akhirnya diputuskan kalau kedua spesies lemur tikus ini adalah spesies yang berbeda dengan jenis lemur tikus lainnya. Hal ini dikarenakan morfologi dari kedua jenis lemur tikus ini nyaris sama dengan jenis lemur tikus lainnya.

Dengan penemuan ini, jumlah spesies lemur tikus yang ada saat ini menjadi 20 jenis. Sayangnya, kedua jenis lemur tikus yang baru saja ditemukan ini, populasinya sudah berada pada status "Terancam Punah".

Referensi : kompas
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Fauna Gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger