Mengenal Trenggiling si pemburu semut dan rayap

Monday, 13 May 20132comments

Foto Trenggiling
Trenggiling Jawa atau biasa disebut Trenggiling Sunda atau Trenggiling, memiliki nama latin Manis javanica. Trenggiling ini merupakan spesies trenggiling yang hidup di wilayah Asia Tenggara seperti Thailand, Singapura, Malaysia, Laos, Kamboja, Filipina, dan Vietnam. Di Indonesia sendiri trenggiling dapat ditemukan di Sumatrea, Jawa, dan Kalimantan.

Habitat Trenggiling adalah di hutan, dan perkebunan. Biasanya mereka lebih banyak menghabiskan waktu mereka di pohon untuk beristirahat atau untuk mencari makan. Trenggiling tidak memiliki gigi. Mereka hanya memiliki lidah yang panjang, dan lengket untuk menangkap semut dan rayap.

Trenggiling memiliki cakar yang tebal dan kuat yang digunakan untuk menggali tanah saat berburu sarang semut atau sarang rayap. Trenggiling adalah penggali yang kuat dan akan membuat sarang di dekat sarang semut atau sarang rayap. Trenggiling juga memiliki indera penciuman yang sangat tajam sehingga bisa menemukan sarang semut atau rayap yang berada di dalam tanah.

Tubuh Trenggiling dilapisi oleh sisik dan rambut berserat. Panjang tubuh Trenggiling bisa mencapai 65 cm, dengan panjang ekor mencapai 56 cm. Berat tubuh Trenggiling bisa mencapai 10 kg, dan Trenggiling jantan cenderung lebih besar dari Trenggiling betina.

Trenggiling melahirkan setahun sekali. Biasanya dalam sekali persalinan mereka akan melahirkan satu atau 2 ekor anakan trenggiling. Selama tiga bulan berikutnya, induk trenggiling akan merawat anak-anaknya.

Trenggiling terkadang ditemukan berpasangan, tetapi pada hakekatnya mereka adalah binatang yang soliter, nokturnal, dan penakut. Mereka akan menggulung tubuh mereka seperti bola saat merasa terancam. 

Predator utama Trenggiling adalah Harimau dan Macan tutul. Namun sepertinya manusialah yang paling memburu mereka. Trenggiling diburu untuk diambil kulit, sisik dan dagingnya yang dipercaya memiliki kemampuan penyembuhan super. Sisik trenggiling akan dibuat cincin untuk mengobati rematik, dan daing mereka akan dimakan oleh masyarakat adat. Kulit trenggiling juga digunakan untuk membuat sepatu. Salah satu pengimpor kulit trenggiling pada tahun 1980-1985 adalah Amerika Serikat. How idiot they are!!!

Saat ini populasi trenggiling berada dalam status trencam punah, dan menjadi salah satu binatang yang dilindungi Undag-Undang. Meski masih ada beberapa orang idiot yang memburunya.
Referensi : wikipedia
Share this article :

+ comments + 2 comments

15 November 2015 at 08:05

SALAM KENAL SEMUA,…!!! SAYA MAS JOKO WIDODO DI SURABAYA.
DEMI ALLAH INI CERITA YANG BENAR BENAR TERJADI(ASLI)BUKAN REKAYASA!!!

Saya Sangat BerTerima kasih Atas Bantuan Angka Ritual AKI…Angka AKI KANJENG Tembus 100%…Saya udah kemana-mana mencari angka yang mantap selalu gak ada hasilnya…sampai- sampai hutang malah menumpuk…tanpa sengaja seorang teman lagi cari nomer jitu di internet…Kok ketemu alamat KI KANJENG..Saya coba beli Paket 2D ternyata Tembus…dan akhirnya saya pun membeli Paket 4D…Bagai di sambar Petir..Ternyata Angka Ritual Ghoib KI KANJENG…Tembus 4D…Baru kali ini saya mendapat angka ritual yang benar-benar Mantap…Bagi saudara yang ingin merubah Nasib anda seperti saya…Anda Bisa CALL/SMS Di Nomer KI KANJENG DI 085-320-279-333.(((Buktikan Aja Sendiri Saudara-Saudari)))

…TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA AKI KANJENG…

**** BELIAU MELAYANI SEPERTI: ***
1.PESUGIHAN INSTANT 10 MILYAR
2.UANG KEMBALI PECAHAN 100rb DAN 50rb
3.JUAL TUYUL MEMEK
4.ANGKA TOGEL GHOIB.DLL..

…=>AKI KANJENG<=…
>>>085-320-279-333<<<

9 June 2017 at 12:38

KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.

KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.

KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.



Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Fauna Gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger