7 Karya Seni Hasil Karya Binatang

Friday 28 June 20130 comments

Tuhan Yang Maha Kuasa menganugerahi setiap orang kemampuan khusus untuk menciptakan sebuah karya seni. Namun kali ini kita tidak akan membicarakan buah karya seni ciptaan manusia, melain karya seni buatan binatang. Nah berikut ini ada 7 karya seni hasil karya binatang yang beberapa diantaranya sudah laku terjual puluhan bahkan ratusan juta rupiah versi on the spot Trans7.

1. Simpanse Fotografer
Foto seekor simpanse bernama Miki dan kamera antiknya
Jika anda pikir hanya manusia saja yang bisa melakukan hobi fotografi, anda salah besar. Seekor Simpanse bernama Miki mampu menggunakan kamera dan memotret sebuah objek. Bahkan salah satu foto hasil jepretan Miki ini telah dilelang dan laku dengan harga mencapai hampir satu miliyar rupiah di Inggris.
Simpanse Miki asal Rusia ini awalnya merupakan Simpanse sirkus. Karena tuannya seorang seniman, maka Miki pun diajari menggunakan kamera. Awalnya Miki diajari menggunakan kamera instan, tetapi lama-lama Miki bisa juga menggunakan kamera analog dan kamera antik. Hasil fotonya memang masih buram, tetapi tetap banyak yang memburu hasil jepretan Simpanse berusia 15 tahun tersebut.

2. Gajah Pelukis
Shanti, gajah yang mahir melukis
Seekor Gajah betina bernama Shanti di Inggris diketahui mampu melukis. Bahkan pada tahun 2012 lalu, hasil lukisannya dapat dijual hingga mencapai harga 60 juta rupiah. Gajah Shanti belajar melukis dari sang pelatih yang bernama Veronika Struplova.
Selama 2 minggu Veronica mengajari Shanti bagaimana memegang kuas menggunakan belalainya. Dan akhirnya saat ini Shanti sudah bisa memainkan kuas di atas kanvas dengan sendirinya. Hasil penjualan lukisannya tersebut akan disumbangkan untuk sebuah kebun binatang di Srilanka untuk menambah koleksi hewan di kebun binatang tersebut.

3. Film dokumenter karya Simpanse
Film Dokumenter karya sekelompok simpanse di Inggris
Untuk pertama kalinya dalam sejarah, sejumlah Simpanse membuat sebuah film dokumenter yang ditayangkan di sebuah stasiun televisi ternama di Inggris. Ide unik ini pertama kali dicetuskan oleh seorang ahli primata bernama Betsy Herrelko. Selama kurang lebih 1,5 tahun, Betsy memperkenalkan teknologi video kepada 11 ekor simpanse yang tinggal disebuah tempat penelitian yang dekat dengan kebun binatang Edenburg, Inggris.
Betsy melatih para simpanse menggunakan layar sentuh dan memberikan sebuah kamera yang diletakkan di dalam sebuah kotak. Para simpanse tersebut pun secara aktif membawa kotak kamera itu dan merekam berbagai objek. Pada Januari 2010, film karya Simpanse ini sudah ditayangkan di salah satu stasiun TV di Inggris.

4. Lukisan karya seekor ikan paus beluga
Lukisan karya seekor ikan paus beluga
Melukis di atas kanvas ternyata tidak hanya bisa dilakukan oleh binatang yang hidup di darat. Seekor ikan paus beluga yang bernama Xiao Qiang pun ternyata dapat juga melakukannya. Di bawah arahan sang pelatih, Xiao Qiang pun dilatih hingga mahir menggunakan kuas di atas kanvas.
Dengan menggunakan mulutnya untuk menjepit kanvas, serta gerakan memutar kepalanya, Xiao Qiang pun akhirnya dapat melukis di atas kanvas. Uniknya, paus beluga ini sudah memiliki warna favorit yaitu biru. Dan ternyata hasil lukisan paus cerdas ini sudah laku hingga puluhan juta rupiah.

5. Kucing Fotografer
Cooper, si kucing Fotografer
Pada tahun 2010 lalu, seekor kucing American Shorthair asal Seattle, US, yang bernama Cooper menerbitkan sebuah buku yang berisi hasil fotografi kucing tersebut. Foto-foto tersebut dihasilkan dari kamera yang dikalungkan di leher Cooper yang di-setting akan mengambil gambar setiap 2 menit sekali. Dengan teknik fotografi semacam ini, orang-orang dapat melihat kemana saja si kucing pergi sehari-harinya.

6. Ikan pembuat Crop Circle
Ikan buntal Ikan pembuat Crop Circle
Perhatikanlah formasi di kedalaman 25 m di dasar laut Amami Oshima di sebelah Selatan Jepang berikut ini. Karya seni berupa Crop Circle berdiameter 1,98 m ini bukanlah buatan manusia. Melainkan buatan seekor ikan buntal jantan. Dengan menggunakan siripnya, ikan buntal jantan membuat lingkaran crop circle untuk menarik betinanya. Semakin rumit strukturnya, maka akan semakin menarik si betina. Nantinya crop circle ini juga lah yang akan menjadi sarang untuk meletakkan telur-telur hasil buah cinta mereka.

7. Tupai Pelukis
Foto tupai pelukis
Ternyata di dunia ini ada salah seekor tupai peliharaan yang mampu membuat lukisan. Awalnya seekor tupai yang bernama Winkelhimer Smith ini merupakan seekor tupai cacat yang tidak mampu memanjat pohon setelah mendapat serangan dari kucing pada 2011 lalu. Akhirnya sang pemilik yang senang melukis, mengajari si tupai untuk melukis juga. Meski hanya meniru, tetapi si tupai ini selalu memilih warnanya sendiri. Kemampuan uniknya ini membuatnya semakin terkenal di jejaring sosial. Bahkan sudah ada beberapa orang yang berminat untuk membeli lukisan karya si tupai cerdik ini.

Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Fauna Gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger