Mengenal Numbat, mamalia pemakan rayap dari Australia

Saturday 6 July 20130 comments

Foto Numbat
Numbat merupakan seekor mamalia darat yang memiliki nama latin Myrmecobius fasciatus. Binatang ini dikenal juga dengan nama walputri, atau trenggiling berpita. Mereka hidup di wilayah Barat Australia dan merupakan binatang pemakan serangga, terutama rayap.

Numbat merupakan binatang simbol untuk wilayah Australia Barat, tetapi sayangnya saat ini populasi mereka berada dalam status "Terancam Punah (EN)". Untuk melindungi satwa yang saat ini hanya ditemukan dalam beberapa koloni kecil ini, pemerintah Australia mengadakan sebuah program konservasi.

Numbat memiliki ukuran tubuh kecil dengan panjang hanya sekitar 35-45 cm, diukur hingga ujung ekornya, dimana panjang ekornya hampir sama dengan panjang tubuhnya. Berat badan Numbat berkisar antara 280 gram hingga 700 gram.

Binatang ini memiliki berbagai macam variasi warna, terbentang dari abu-abu muda hingga cokelat kemerahan dengan garis-garis melingkari tubuh berwarna putih, garis hitam yang memanjang dari wajah hingga ujung ekornya, dan bulu bagian atas berwarna lebih kemerahan.

Berbeda dengan binatang marsupial (berkantung) lainnya, Numbat merupakan binatang diurnal (aktif disiang hari). Di siang hari mereka akan berburu rayap sebagai makanan utama mereka dengan menggunakan cakar kuatnya dan lidah yang sangat panjang, ramping, serta lengket untuk menangkap rayap.

Daerah penyebaran Numbat terbentang dari Australia bagian Selatan, Australia Bagian Barat hingga bagian barat daya New South Wales. Namun sejak kedatangan bangsa Eropa ke Australia, daerah penyebaran mereka semakin menyusut. Dan saat ini mereka hanya dapat ditemukan di 2 tempat yaitu di Dryandra Woodland dan Perup Nature Reserve, yang keduanya merupakan daerah di Australia Bagian Barat.

Numbat hanya ditemukan di kawasan hutan eukaliptus, tetapi sekali mereka juga dapat ditemukan di area yang lebih luas seperti hutan semi kering, padang rumput Spinifex, dan bahkan di medan yang didominasi oleh bukit pasir.

Numbat menghabiskan siang harinya untuk berburu rayap sebagai sumber makanan. Sebagai pemakan rayap, dalam sehari Numbat dewasa bisa memakan hingga sekitar 20.000 ekor rayap. Mereka menggali rayap tempat persembunyian rayap menggunakan cakarnya dan memakan menggunakan bantuan lidahnya yang panjang dan lengket. Mereka melacak keberadaan sarang rayap yang ada di dalam tanah dengan menggunakan indera penciumannya.

Numbat dewasa merupakan binatang yang soliter dan teritorial. Seekor numbat jantan atau betina biasanya memiliki daerah teritori sekitar 1,5 km persegi. Pejantan baru akan masuk ke wilayah betina ketika musim kawin tiba.

Hewan pemangsa yang mengancam keberadaan Numbat antara lain ular python, musang merah, serta elang.


Referensi : wikipedia
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Fauna Gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger