8 Hewan Yang Bisa Memprediksi Cuaca

Wednesday, 31 July 20131comments

 
cuaca
Sudah sejak lama binatang memang dianggap peka dan bisa mengetahui berbagai tanda-tanda alam di sekitarnya. Oleh karenanya, banyak yang percaya bahwa dengan mengamati perilaku hewan, kita bisa mengetahui kemungkinan terjadinya suatu musibah atau bencana alam. Inilah beberapa binatang yang bisa meramalkan perubahan cuaca disekitar kita.

Katak
Binatang yang termasuk dalam golongan amfibi ini akan berkoak lebih nyaring dan keras dari biasanya saat akan terjadi cuaca buruk. Suara katak tersebut bisa dijadikan pertanda bahwa akan terjadi hujan badai di daerah tersebut.

Burung
Burung merupakan binatang yang menghabiskan aktivitasnya di udara. Kita dapat memperkirakan keadaan cuaca dengan mengamati seberapa rendah atau tinggi para burung terbang. Jika mereka terbang tinggi, maka cuacanya adalah cerah. Sebaliknya, jika kawanan burung terbang rendah maka cuaca sedang tidak bersahabat. Hal ini dikarenakan tekanan udara ketika cuaca buruk akan membuat mereka terasa sakit jika berada di ketinggian.

Sapi
Banyak yang percaya bahwa binatang yang terkenal dengan produksi susu dan dagingnya ini termasuk peka terhadap lingkungan. Menurut sebuah cerita, jika para sapi merasakan akan terjadi cuaca yang buruk, mereka akan terlihat gelisah dan menggoyang-goyangkan ekor mereka untuk mengusir lalat, atau duduk di padang rumput yang kering untuk bisa menyelematkan diri ketika cuaca buruk terjadi.

Lebah dan Kupu-Kupu
Ketika hari cerah biasanya kawanan lebah dan kupu-kupu akan beraktivitas di sekitar bunga. Ketika lebah-lebah dan kupu-kupu sedang tidak terlihat di sekitar bunga, berarti mereka memperkirakan bahwa cuaca sedang tidak baik dan akan terjadi angin kencang.

Domba
“Ketika domba-domba berkumpul dalam sebuah kerumunan, besok pasti akan ada genangan air.” Itulah sepenggal bait dari sebuah sajak yang cukup populer. Meskipun cuaca yang akan datang tidak selalu seperti yang dikatakan di sajak itu. Tetapi jika para domba berkumpul besama dan terlihat saling melindungi satu sama lain kemungkinan akan ada angin badai.

Kepik
Kepik merupakan salah satu serangga yang juga tergolong peka dengan lingkungannya. Binatang cantik ini akan berkerumun, jika hari sedang panas. Namun, jika anda melihat mereka sedang mencari tempat untuk berlindung, maka cuaca dingin akan segera datang.

Semut
Semut memiliki insting terhadap lingkungan yang sangat baik. Untuk mempersiapkan diri menghadapi datangnya cuaca buruk, semut akan membangun sarang mereka dengan perlindungan ekstra. Jadi jika semut membuat sarang yang lebih tinggi dari biasanyahal itu menjadi pertanda datangnya cuaca buruk.

Marmut Tanah
Di Amerika terdapat kisah legenda sangat terkenal tentang seekor hewan yang bisa meramalkan cuaca. Dialah seekor marmut tanah bernama Phil yang berasal dari Punxsutawney, Pennsylvania. Jika Phil terlilhat, itu berarti musim dingin akan berlangsung selama enam minggu lagi, tetapi jika tidak, maka hal itu menandakan datangnya musim semi.

sumber


Share this article :

+ comments + 1 comments

29 August 2017 at 08:12

mantap informasinya, sangat bermanfaat.

terapi alat kejantanan

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Fauna Gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger