Menenal Kuskus Bermata Biru, Binatang Endemik Indonesia Timur

Tuesday 30 July 20132comments


kuskus bermata biru
Indonesia memang negara yang sunggguh kaya, baik dari sumber daya alam maupun hal-hal unik yang terdapat di dalamnya. Salah satu hal unik yang bisa ditemukan di Indonesia adalah seekor hewan yang mempunyai mata mirip “turis mancanegara” karena berwarna biru.

Kuskus Tutul Bermata Biru (Blue-Eyed Spotted Cuscus) atau Kuskus Tutul Biak adalah spesies marsupial dari keluarga Phalangeridae. Kuskus jenis ini merupakan hewan endemik dari Pulau Biak dan Pulau Supiori di daerah Teluk Cenderawasih di Papua Barat, Indonesia.

Kuskus termasuk binatang herbivora dan suka menyendiri. Mereka memiliki ciri-ciri berupa muka yang bundar dan telinga yang kecil, serta bulu yang lebat. Selain itu, binatang yang mamalia ini mempunyai ekor panjang yang kuat dan liat dan berfungsi sebagai alat untuk berpegangan saat berpindah dari dahan ke dahan.

Kuskus sering dianggap berasal dari jenis yang sama dengan kukang walaupun mereka adalah spesies yang berbeda. Kuskus terdiri atas beberapa spesies yang terkelompokkan dalam 5 genus yakni Ailurops, Phalanger, Spilocuscus, Strigocuscus, dan Trichosurus.

Pada tahun 2004, Kuskus Tutul Biak sudah termasuk jenis hewan yang sulit ditemukan. Hal ini kemungkinan disebabkan oleh perburuan liar dan habitat yang rusak. Oleh International Union for Conservation of Nature, hewan ini dikategorikan sebagai spesies terancam punah. Survei terbaru gagal menemukan Kuskus Tutul Biak liar.

Selain Kuskus Tutul Biak, Kuskus bermatabiru juga bisa fitemukan di Ternate dan Tidore, Maluku. Kuskus ini meerupakan jenis Blue-eyed Cuscus  dan merupakan kuskus satwa endemik pulau tersebut yang baru teridentifikasi pada tahun 1995. Tetapi status konservasi mereka saat ini juga termasuk dalam kategori vulnerable.

referensi: wikipedia dan kaskus
Share this article :

+ comments + 2 comments

25 December 2018 at 16:24

Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
hanya di D*EW*A*P*K / pin bb D87604A1
dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)

25 December 2018 at 17:00

ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat ayo segera bergabung dengan kami di f4n5p0k3r
Promo Fans**poker saat ini :
- Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
- Bonus Cashback 0.5% dibagikan Setiap Senin
- Bonus Referal 20% Seumur Hidup dibagikan Setiap Kamis
Ayo di tunggu apa lagi Segera bergabung ya, di tunggu lo ^.^

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Fauna Gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger