Sugar Glider, Si Imut nan Menggemaskan

Tuesday 9 July 20130 comments

Sugar Glider

Anda tertarik dengan binatang kecil yang sangat “unyu-unyu” ini? Nama binatang yang sangat eksotik ini adalah Sugar Glider atau sering disingkat dengan inisial “SG”.

Sugar Glider yang memiliki nama latin Petaurus Brevicep merupakan binatang sejenis tupai pohon yang hidup di hutan Belantara Australia, Indonesia (Papua), Papua Nugini, hingga Tasmania. Sugar Glider ini merupakan mammalia kecil yang mempunyai ukuran tubuh hanya berkisar antara 24-30 cm dan berat sekitar 4-6 ons.

Binatang ini dinamai Sugar Glider karena kegemarannya terhadap makanan yang manis-manis. Sugar Glider termasuk binatang marsupial atau binatang berkantung. Seekor betina Sugar Glider ini memiliki kantung seperti yang terdapat pada pada Kanguru dan Koala.

Akhir-akhir ini Sugar Glider sedang naik daun dan sangat digemari untuk dijadikan sebagai binatang peliharaan karena penampilannya yang terlihat imut dan lucu. Selain itu, ukuran tubuhnya yang kecil membuatnya bisa dibawa kemana-mana karena bisa dimasukan dalam saku sampai muncullah istilah Sugar Glider sebagai peliharaan saku.

Sugar Glider termasuk dalam katergori binatang omnivora.  Mereka gemar memakan makanan berupa buah-buahan manis seperti pisang, apel, apricot, blackberry (bukan smartphone lho ya…),blueberry, Ceri , anggur, madu, nangka, Kiwi, manga, melon, papaya, Markisa, pir, nanas, semangka dan lain-lain. Selain itu, Sugar Glider juga suka makan sayuran seperti Asparagus, rebung,  Brokoli,  Kubis, wortel,  seledri,  Jagung,  Mentimun, Kacang Hijau,  jamur, lobak, Kacang polong, labu kuning,  lobak,  Bayam, ubi, Tomat dan Lobak Hijau.

Sugar Glider merupakan binatang yang berkoloni. Seekor  jantan biasanya melakukan poligami dengan sejumlah betina. Sugar glider sendiri tidak mengenal musim kawin dalam bereproduksi . Seekor betina dapat melahirkan 1-2 Joey (sebutan untuk Sugar Glider yang masih kecil) yang biasanya akan terus berada dalam kantung induknya selama 2 bulan. Setelah itu, mereka akan keluar dari kantung induknya (istilahnya out of pouch/oop). Seekor Sugar Glider dapat hidup sampai mencapai umur 5-10 tahun.

Jenis Sugar Glider:
Black Beauty / Grey
Cinnamon
Lion
White Face
White Tip
Powdered Mosaic
Platinum / Platinum Champagnes
Leucistic
Albino
Creme-Ino 

Referensi: wikipedia dan kompasiana 
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Fauna Gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger