Hewan Ini Suka Getarkan Alat Kelaminnya

Saturday 13 July 20130 comments



Ngengat Hawk
Sungguh aneh cara seekor ngengat dalam mengatasi ancaman predatornya, kelelawar. Ngengat hawk yang biasa ditemukan di Kalimantan, akan menggetarkan alat reproduksinya dengan tujuan mengacak sonar milik kelelawar. Suara yang dihasilkan dari getaran tersebut diduga dimaksudkan untuk mengalihkan ekolokasi dari kelelawar.

Seorang pakar ekolog tingkah laku di Boise State University, Amerika Serikat bernama Jesse Barber berpendapat bahwa getaran tersebut membuat si ngengat "tidak terlihat" untuk sementara dari deteksi sang predator. Barber menambahkan bahwa pada ngengat macan, grup ngengat yang diketahui menghasilkan suara anti-kelelawar, sinyal ultrasonik mereka memperingatkan rasa yang tidak enak, bahkan menghambat sonar kelelawar. Dengan demikian ngenget pun akan selamat dari ancaman si pemangsa.

Dalam proses penelitian terhadap tingkah laku ngengat hawk tersebut, Barber menggandeng Akito Kawahara --ahli biologi evolusi dari University of Florida untuk membuktikan bahwa ngengat hawk juga menghasilkan suara ultrasonik anti-kelelawar yang sama dengan ngengat macan. Mereka bereksperimen dengan tiga spesies ngengat: Cechenena lineosa, Theretra boisduvalli, dan Theretra nessus.

Ketiga spesies ini ditempatkan dalam alat yang dilengkapi tali pancing dan sedotan minuman. Di sini, kecepatan dan suara para ngengat direkam dengan kamera berkecepatan tinggi dan mikrofon. Digunakan juga speaker berteknologi tinggi yang bisa memainkan rekaman suara ultrasonik dari kelelawar.

"Kami menempatkan ngengat di depan speaker ultrasonik dan mikrofon. Kemudian kami putar suara kelelawar ke ngengat-ngengat ini dan lihat bagaimana perilaku mereka," ujar Kawahara, yang hasil studinya dipublikasikan pada Rabu (3/7) lalu di jurnal Biology Letters.

Benar saja, setelah mendengar suara kelelawar, ngengat-ngengat ini menghasilkan suara ultrasonik. Dengan bantuan kamera berkecepatan tinggi, maka bisa terlihat dari mana asal suara ini. Ternyata ngengat menghasilkan suara ultrasonik ini dengan cara menggesekkan alat kelamin. Perilaku ini ditemukan di ngengat jantan dan betina.
"Kami menduga bahwa suara ini digunakan untuk menghambat ekolokasi kelelawar dan memperingati para kelelawar," kata Kawahara.  





Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Fauna Gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger