Mengenal Beruang Cokelat, spesies beruang yang penyebarannya paling luas di dunia

Thursday, 9 May 20131comments

foto beruang cokelat kodiak
Beruang Cokelat merupakan spesies beruang yang penyebarannya paling luas di dunia. Mereka hidup di daerah hutan dan pegunungan di Amerika Utara bagian Utara, Eropa, dan Asia. Berbeda dengan beruang kutub yang karnivora, beruang cokelat merupakan binatang omnivora.

Beruang cokelat merupakan binatang soliter (penyendiri), kecuali untuk beruang betina yang sedang mengasuh anaknya. Namun pada suatu waktu di suatu tempat di Alaska anda dapat melihat puluhan beruang cokelat berkumpul di sungai untuk menangkap ikan salmon yang tengah bermigrasi besar-besaran menuju hulu.

Pada masa tersebut, para beruang akan berpesta ikan salmon, dan mengumpulkan cadangan lemak untuk perisapan hibernasi. Pada hari-hari itu mereka dapat makan sebanyak 40 kg makanan setiap harinya, dan beratnya bisa menjadi 2x lipat sebelum masa hibernasi.

Para beruang kemudian akan menggali lubang untuk berhibernasi selama musim dingin. Biasanya mereka akan menggali lubang di lereng-lereng bukit. Beruang-beruang betina akan melahirkan pada masa hibernasi ini. Biasanya mereka akan melahirkan sepasang anak beruang.

Anak-anak beruang cokelat ini akan menyusu kepada ibunya sampai musim semi dan akan tinggal bersama sampai sekitar dua setengah tahun kedepan. Biasanya beruang cokelat betina akan melahirkan setiap 3 tahun sekali.

Beruang Cokelat dewasa merupakan hewan yang sangat kuat. Mereka adalah puncak rantai makanan di wilayahnya. Meskipun demikian, kebanyakan dari mereka lebih senang makan kacang-kacangan, buah-buahan, daun, dan akar. Meski terkadang mereka juga memangsa binatang lain seperti hewan pengerat hingga rusa.

Beruang cokelat terbesar di dunia ditemukan di pesisir British Columbia dan Alaska, serta di pulau lain seperti Kodiak. Meskipun badan mereka sangat besar, mereka adalah binatang yang sangat cepat dalam bergerak. Mereka dapat bergerak hingga 48 km/jam.

Beruang Cokelat atau brown bear ini dapat menjadi ancaman yang sangat berbahaya bagi manusia. Terutama jika mereka merasa terkejut atau terganggu, dan juga ketika seorang manusia tidak beruntung bertemu dengan beruang cokelat betina yang sedang mengasuh anak.

Ada beberapa subspesies dari beruang coklat, antara lain : Beruang coklat Syria, Beruang coklat Kodiak, Beruang coklat Alaska, Beruang Grizzly dan Beruang coklat Meksiko.
Referensi : Wikipedia dan National Geographic
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Fauna Gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger