7 Hewan Bertubuh Transparan di Dunia

Friday 28 June 20130 comments

Di dunia ini terdapat jutaan bahkan milyaran spesies yang hidup. Beberapa diantaranya memiliki keunikan yang tidak dimiliki oleh binatang lainnya. Salah satu keunikan yang sangat menarik adalah adanya beberapa spesies binatang yang memiliki tubuh transparan. Dan berikut ini adalah 7 hewan bertubuh transparan di dunia.

1. Cyanogaster noctivaga
Foto ikan transparan amazon
Binatang ini merupakan spesies ikan transparan yang hidup di sungai-sungai Amazon. Sebenarnya ikan jenis ini sudah ada sejak lama, tetapi karena tubuhnya yang transparan dan hanya seukuran 17 mm, serta aktif di malam hari, membuat ikan jenis ini baru ditemukan beberapa waktu yang lalu.

2. Lebah Emas 
Foto Lebah Emas
Serangga yang memiliki nama latin Charidotella sexpunctata ini berukuran sekitar 5 - 8 mm. Selain memiliki punggung yang transparan, spesies ini juga mampu mengubah warna tubuhnya dari emas menjadi kemerahan. Lebah emas mampu mengubah warna tubuhnya dengan cara memantulkan cahaya melalui cairan yang terdapat di bagian bawah lapisan kutikula transparannya.

3. Katak Gelas
Foto Katak Gelas
Katak jenis ini memiliki nama latin Hyalinobatrachium pellucidum. Katak Gelas hidup di hutan-hutan dan sungai-sungai di wilayah Ekuador. Sayangnya, katak eksotis yang berbadan transparan ini saat ini populasinya terancam punah akibat dari habitatnya yang rusak.

4. Sea Angel (Malaikat Laut)
Foto Malaikat Laut
Binatang laut yang bertubuh lunak ini memiliki nama latin Gymnosomata. Spesies unik yang transparan ini hidup di wilayah laut Arktik. Malaikat laut adalah binatang kanibal, bersifat hermafrodit, serta masih memiliki kekerabatan dengan kupu-kupu laut.

5. Salamander Barton Springs
Foto Salamander Barton Springs
Salamander jenis ini merupakan spesies salamander yang tidak memiliki paru-paru. Mereka dapat ditemukan di wilayah Barton Springs, Texas, US. Memang tubuhnya tidak transparan sepenuhnya, tetapi organ tubuhnya bisa terlihat dari luar. Bahkan makanan yang baru ditelan pun bisa terlihat dari luar.

6. Kecebong Transparan
Foto Kecebong Transparan
Kecebong ada salah satu bentuk dari rangkaian metamorfosis hidup seekor katak. Dan kecebong dari salah satu spesies katak di Kosta Rika memiliki tubuh yang sangat transparan. Karena transparannya tubuh si kecebong, usus si kecebong pun dapat terlihat dari luar dengan jelas.

7. Pupa Kupu-Kupu Raja
Foto Pupa Kupu-Kupu Raja
Pupa atau kepompong merupakan salah satu bentuk dari rangkaian metamorfosis kupu-kupu. Dan perlu anda ketahui bahwa pupa dari kupu-kupu raja memiliki lapisan yang transparan. Sehingga perubahan bentuk kupu-kupu yang ada di dalam kepompong tersebut dapat dipantau dari luar.

Referensi : kompas
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Fauna Gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger